News  

Sepulang dari Natuna, Ansar Ahmad Teken MoU dengan PT Mutu Agung Lestari Soal Kualitas Lingkungan…

cMczone.com – Gubernur Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) Ansar Ahmad, berkesempatan menerima audensi dan silaturahmi jajaran Direksi PT Mutu Agung Lestari di Ruang VIP Bandara Hang Nadim, Kota Batam, setibanya dari Kabupaten Natuna setelah melakukan kunjungan kerja, Selasa, 25 Oktober 2022.

Dalam audensi ini juga disejalankan dengan Penandatanganan Kesepakatan Bersama atau Memorandum of Understanding (MoU) antara Pemerintah Provinsi Kepri dengan PT Mutu Agung Lestari tentang pekerjaan pemantauan kualitas lingkungan dan pengujian analisa parameter kualitas lingkungan dengan nomor dokumen kesepakatan 120.23/KDH.54/KB-02/2022.

Adapun maksud dari kesepakatan bersama ini adalah bekerja sama mensinergikan dan memanfaatkan seluruh kemampuan dan sumber daya yang dimiliki oleh pemerintah maupun PT Mutu Agung Lestari dalam hal pemantauan kualitas lingkungan.

Baca Juga :   LSM JARA: Kebebasan Demokrasi Jangan Dibungkam Wahai Rektor Uin Ar-Raniry...

PT Mutu Agung Lestari sendiri adalah Perseroan Terbatas yang merupakan lembaga sertifikasi, di mana salah satu bidang sertifikasinya adalah pengujian laboratorium yang diakreditasi oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN) sejak Tahun 1997 dengan nomor akreditasi LP-001-IDN dan juga telah mendapatkan registrasi sebagai laboratorium oleh Kementerian Lingkungan Hidup dengan Nomor Rek.0035/LP/LABLING-1/LRK/LH, yang mempunyai tugas pokok melakukan usaha di bidang jasa laboratorium lingkungan.

Ansar, dalam audensi ini menyampaikan selamat atas kehadiran PT Mutu Agung Lestari di Provinsi Kepri, di mana Provinsi Kepri sebagai daerah yang perkembangan investasinya sangat cepat tentunya membutuhkan alat kontrol pengawasan agar lingkungan yang kita tempati memenuhi unsur kelayakan dalam batas yang dapat ditolerir.

Baca Juga :   Berdasarkan Pemberitaan Media cmczone.com, Kepala Inspektorat: Kami Sudah Membentuk Tim Dan Sudah Memeriksa Instansi Terkait Dari 13/4/22

“Daerah kita adalah daerah yang padat akan kawasan industri, tentunya kita butuh monitoring lingkungan, agar air, tanah, udara yang kita manfaatkan setiap hari dalam batas layak. Dengan adanya laboratorium lingkungan ini dampak-dampak dari pencemaran lingkungan dapat kita minimalisir,” ujar Ansar.

Sementara itu, Arifin Lambaga, selaku Presiden Direktur PT Mutu Agung Lestari mengatakan keberadaan laboratorium lingkungan menjadi gambaran ke depan, bahwa prospek pemantauan kualitas lingkungan menjadi suatu mandatori dari pemerintah yang menjadi tanggung jawab bersama dalam suatu pelaksanaan pemantauan, pengendalian dan pencemaran kualitas lingkungan, di mana semua bidang jasa baik pengguna maupun penyedia jasa dalam pemeliharaan lingkungan.

“Semoga dengan kehadiran laboratorium di Batam ini memberikan manfaat yang sebesar-besarnya kepada semua pihak atas dasar hubungan yang saling menguntungkan,” jelas Arifin.

Baca Juga :   Ansar Ahmad Serahkan Bantuan 4 Unit Kendaraan Operasional untuk 3 Yayasan di Tanjungpinang

Turut hadir Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Kepri Hendri, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Kesehatan Hewan Provinsi Kepri Rika Azmi,  serta dari PT. Mutu Agung Lestari EVP Pemasaran dan pengembangan sidik Ahmad, Kepala SBU Medan Asri Martha dan SPV Marketing Batam Aldo Siringoringo.

Editor: Budi Adriansyah