Ansar-Airlangga Ajak Dubes Amerika dan Kanada Jajaki Peluang Kerjasama Baru di Batam…

cMczone.com – Gubernur Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) Ansar Ahmad, mendampingi Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, beserta Duta Besar (Dubes) Amerika Sun Y. Kim dan Kanada untuk Indonesia Nadia Burger melakukan kunjungan kerja di Kota Batam, Jumat, 4 November 2022.

Dalam kunjungan kerja ini, Airlangga beserta para Dubes berkesempatan untuk meninjau Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Batam Aero Technic (BAT) dan KEK Nongsa Digital Park (NDP) serta PT. Sat Nusa Persada.

Hadir juga dalam kesempatan ini, Walikota Batam Muhammad Rudi. Adapun dari jajaran  rombongan Menko Perekonomian tampak ikut serta Dubes RI Singapura Suryopratomo serta SesMenko Perekonomian Susiwijono Moegiarso.

Baca Juga :   Bukik Soriak Land Membangun Glamping Jenis Dome di Glaven Bukik Soriak

Pada kunjungan ke Batam Aero Technic (BAT) rombongan meninjau kegiatan Maintenance, Repair dan Overhaul di Hanggar Lion Air, kemudian dilanjutkan ke Nongsa Digital Park yang merupakan kawasan yang dikembangkan untuk berbagai kegiatan yang antara lain mencakup Riset, Ekonomi Digital, dan Pengembangan Teknologi serta Pariwisata, Pendidikan, dan Industri Kreatif.

Kunjungan rombongan diakhiri ke PT. Sat Nusa Persada, PT Sat Nusa Persada yang merupakan salah satu produsen smartphone terbesar di Indonesia.

Hingga saat ini, PT Sat Nusa Persada telah memproduksi berbagai merek smartphone seperti Asus, Xiaomi, Huawei, Honor, dan Nokia.

Adapun dalam pers conference setelah peninjauan, Airlangga mengatakan, bahwa telah banyak progress dari BAT serta terlihat juga kapasitas maintenance turut meningkat.

Baca Juga :   Roby Kurniawan Lepas Ekspor 9,5 Ton Komoditas Olahan Ikan ke Australia

“Ke depan, berdasarkan laporan, kita membutuhkan kerja sama dengan investor terkait engine maintenance, karena kapasitasnya sangat tinggi. Saat ini BAT memiliki 600 engine sekarang engine tersebut di repair di Singapura, China serta di beberapa negara Eropa,” jelas Airlangga.

Kemudian, untuk Nongsa Digital Park juga telah banyak perkembangan, di antaranya sudah ada persiapan pembangunan data center yang telah ada beberapa investor yang tertarik serta NPM juga terus berkomitmen melahirkan digital talent di wilayah ini dengan pembukaan kampus merdeka yang pembelajaran seputar hybrid, cloud academy serta AI.

Begitu juga dengan PT. Sat Nusa Persada yang merupakan salah satu perusahaan produsen smart phone terbesar, kita terus dukung agar menjadi perusahaan bisa bersaing di kancah internasional.

Baca Juga :   Ansar Ahmad Optimis Pertumbuhan Ekonomi Kepri Triwulan III dan IV Lebih Positif

“Bersama BP Batam dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepri kita terus dorong investor untuk berinvestasi di sini, karena kita punya berbagai kelebihan yang bisa kita tunjukan mulai dari talenta lokal, lokasi yang strategis, sumber daya energi yang mencukupi serta berbagai fasilitas lainnya. Oleh karena itu, menjelang pertemuan G-20 di Bali kita ajak Dubes Amerika dan Kanada ke sini untuk melihat peluang kerja sama yang baru,” ujar Airlangga.

Editor: Budi Adriansyah