Ansar Ahmad Tinjau Pedestarian Jalan Bandara RHF: Berkhas Bunga Sakura, Bunga Tanjung dan Pohon Pinang…

cMczone.com – Bunga Sakura yang menjadi bunga ikonik dari negara Jepang berkat keindahannya saat bermekaran akan menghiasi pedestrian Jalan Bandara Raja Haji Fisabilillah (RHF) , Kota Tanjungpinang.

Tidak hanya bunga sakura semata, bunga tanjung dan pohon pinang juga akan menjadi penghias pedestrian Jalan Bandara RHF yang dikerjakan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepulauan Riau (Kepri).

Hal itu menjadi instruksi dari Gubernur Provinsi Kepri Ansar Ahmad, saat turun langsung meninjau proyek pembangunan pedestrian dan penataan median Jalan Bandara RHF, Selasa, 8 November 2022.

Ansar memerintahkan Dinas PUPR dan kontraktor untuk membuat lubang di sepanjang jalur pedestrian yang akan ditanami pohon sakura, bunga tanjung, dan pohon pinang.

Baca Juga :   Ansar Ahmad Letakkan Batu Pertama Pembangunan Gedung LAM Kepri: Pertegas Kepri 'Provinsi Melayu'

Sekitar 40 pohon sakura dan 1.000 pohon pinang dan bunga tanjung akan ditanam di kiri dan kanan jalur pedestrian, yang saat ini bibit bunga sakura sudah disiapkan oleh Dinas Pertanian Provinsi Kepri dan bibit pohon pinang-nya sudah disiapkan oleh Kwarda Pramuka Kepri.

“Kita lihat progres penataan jalan di depan Bandara RHF ini sudah hampir rampung, untuk menambah keindahannya kita akan tanam bunga sakura seperti di Taman Kota Kijang. Kita tanam juga bunga tanjung dan pohon pinang secara berselang-seling sesuai nama Kota Tanjungpinang,” ujar Ansar.

Menurut Ansar, kecantikan bunga Sakura saat musim mekar akan membuat masyarakat semakin bersemangat menikmati pedestrian jalan sambil beraktivitas jalan sore atau bersepeda.

Baca Juga :   Ansar Ahmad-Dirut PT PLN Bright Batam: Bahas Pengembangan Pembangkit Listrik Tenaga Sampah...

Hal serupa terlihat di Taman Kota Kijang, di mana setiap kali bunga sakura mekar, masyarakat berbondong-bondong datang dan berfoto di pohon sakura tersebut.

Pedestrian dan media Jalan Bandara RHF akan dilengkapi dengan ornamen Melayu, seperti sculpture kapal lancang kuning dan sculpture tanjak.

Selain itu, juga akan dibuat nama-nama Kabupaten dan Kota di seluruh Kepri sebagai sarana edukasi bagi anak-anak kecil yang melintas.

“Yang terpenting, setelah penataan ini selesai adalah perawatan dan kebersihannya, tenaga kebersihan harus dibina betul-betul, agar pedestrian bisa dinikmati masyarakat dengan nyaman. Masyarakat juga harus membantu menjaga kebersihan jalan ini,” tekan Ansar.

Sebelum meninjau Jalan Bandara RHF, Ansar terlebih dahulu mengunjungi Gedung PGRI Kepri di Senggarang, Kota Tanjungpinang.

Baca Juga :   Ansar Ahmad Undang Warga Diskusikan Penataan 'Kota Lama' Tanjungpinang

Ansar melihat kemajuan renovasi dan pembangunan Aula PGRI yang juga dikerjakan oleh Pemprov Kepri.

Ansar menjelaskan, Gedung dan Aula PGRI ini nantinya dapat digunakan sebagai tempat pelatihan bagi guru-guru di Kepri dan juga pusat kegiatan PGRI.

“Jika gedung PGRI bagus dapat menghasilkan manfaat untuk PGRI itu sendiri, karena gedungnya lengkap fasilitasnya. Kita ingin anak-anak Kepri cerdas, jadi guru-gurunya juga harus diperhatikan,” ucap Ansar.

Editor: Budi Adriansyah