Ansar Ahmad Buka Internet Expo Kepri 2022 di Batam: Upaya Mendorong Kebangkitan Ekonomi Digital…

cMczone.com – Gubernur Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) Ansar Ahmad mengatakan, penyediaan akses jaringan internet yang semakin baik di wilayah Kepri, akan mampu mendorong kebangkitan ekonomi barbasis digital.

“Karena, akan makin banyak pelaku usaha  yang memanfaatkan akses internet untuk kelancaran bisnisnya,” kata Ansar, saat membuka kegiatan Internet Expo 2022 APJII Kepri di Atrium One Batam Mall, Kota Batam, Jum’at, 11 November 2022.

Kegiatan Internet Expo 2022 kali ini,  mengangkat tema ‘The Unexpected Future Innovation’, yang diselenggarakan oleh Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) Wilayah Kepri, dan akan berlangsung selama dua hari kedepan, yakni 11-13 November 2022.

Dikatakan Ansar, pemerataan akses  jaringan internet di seluruh wilayah Kepri, satu sisi juga membantu pemerintah dalam usaha transformasi digital.  Tidak hanya bagi Kepri, tapi juga seluruh wilayah Indonesia.

Baca Juga :   Kepri Masuk 10 Besar Lomba TTG Nasional, Ansar Ahmad : Ini Bukti Masyarakat Kepri Sangat Kompetitif 

Apalagi, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepri juga terus berkomitmen melakukan pemerataan pembangunan jaringan internet di seluruh wilayah, guna mendorong pertumbuhan ekonomi, pendidikan  kesehatan dan berbagai sektor pembangunan.

Sejauh ini, sambung Ansar, Pemprov Kepri telah membangun 77 BTS yang tersebar di tujuh kabupaten/kota. Dan akan kembali menambah 34 BTS lagi, agar bisa menghubungkan seluruh wilayah di Kepri.

Ansar mengakui, digitalisasi internet sebagai suatu keniscayaan dan juga kepastian, karena telah menjadi kebutuhan dasar manusia untuk menunjang berbagai aktifitasnya.

Disebutkan Ansar juga, kalau Kota Batam menjadi gateway internet terbesar di Indonesia. Karena, Kota Batam menjadi titik centre point se-Sumatera, sehingga menjadikan akses internet murah dan cepat bisa dinikmati masyarakat Indonesia.

“Akhirnya, saya mengucapkan selamat atas terselenggarakannya pameran Internet Expo 2022, di mana secara  bersamaan pula  dicanangkan Hari Kebangkitan Ekonomi Digital Kepri, dan juga pencanangan Sumatera Internet Exchange (Sum-IX)”, tutup Ansar.

Baca Juga :   Hasan Buka Sosialisasi Peraturan Penggunaan Spektrum Frekuensi Radio...

Sementara itu, di tempat yang sama, Ketua APJII Kepri Donal Pangihutan menjelaskan, ada 4 hal mendasar dari dilaksanakannya pameran internet Expo 2022 yang baru pertama kali digelar di Indonesia, tepatnya di Kota Batam.

Pertama, secara secara geo location, Kota Batam menjadi daerah yang relatif aman dari berbagai ancaman, seperti gempa bumi dan juga tsunami.

Selanjutnya, di Kota Batam ini pula terdapat 97 gateway koneksi internet international, sehingga akses internet di Indonesia bisa sangat kencang.

Berikutnya, pesatnya perkembangan industri data centre di Kepri, terutama pelaku starup industri data internet yang ada di Nongsa Digital Park.

Terakhir adalah, di Kota Batam inilah terdapatnya pusat data nasional, sehingga Kota Batam bisa berperan lebih besar dalam memotori transformasi digital di Indonesia.

Baca Juga :   Hery Mokhrizal: Keberadaan APJII Sangat Positif bagi Perkembangan Dunia Digital di Kepri...

Selama dilangsungkannya pameran internet expo 2022, akan ada banyak kegiatan yang dilaksanakan, di antaranya,  demo internet cepat, update mengenai teknologi terbaru, Juga ada pameran startup dan teknologi tepat guna, talk show internet trending dengan topic, data centre industri, peluang dan tantangannya.

Kegiatan lainnya, seperti cosplay competition, battle robot, esport hingga cyber security. Hingga kegiatan talk show dengan tema ‘Peluang Digital Ekonom’ yang di taja oleh Kadin Kota Batam.

Donal juga tak lupa berterima kasih kepada Pemprov Kepri yang telah berjuang bersama dalam memeratakan infrastruktur telekomunikasi terutama pembangunan BTS di seluruh wilayah Kepri.

Editor: Budi Adriansyah