LiveNews

Gurihnya Gulai Kambing Kelok Soriak Lembah Harau

Gurihnya Gulai Kambing Kelok Soriak Lembah Harau #Harau #gulaikambiang

Cmczone.com- Gulai kambing (kambiang) bagi masyarakat Nagari Tarantang akan selalu hadir dalam acara “nan barami rami”, seperti: Turun Mandi, Aqiqah, Sunat rasul, Khatam Qur’an, Untuang jo Bagian/Pernikahan.

Dengan sering hadirnya gulai kambing dalam tradisi tradisi masyarakat sejak dahulu, membuat masakan gulai kambing (kambiang) khas Masakan Al Kampay menjadi istimewa.

“Bumbu saratuh” (Seratus Jenis Bumbu) istilah populer ditengah tengah masyarakat menjadi “wajib” untuk memasak kambing, hingga olahan kambing menjadi enak dan gurih yang khas.

Rumah Makan Gulai Kambiang Kelok Soriak yang berada Jorong Tarantang Nagari Tarantang Kecamatan Harau, tepatnya masih dalam kawasan wisata Lembah Harau, hadir dengan olahan bumbu khas Nagari Tarantang tersebut dan baru saja Launching, 30 November 2022 siap memanjakan selera anda yang ingin mencicipi.

Dalam Launching RM Gulai Kambiang Kelok Soriak, Pemilik Al-Kampay mengundang Tokoh Masyarakat Luak 50 (Mantan Wali Kota Payakumbuh) H.Riza Falepi dan Kapolres Limapuluh Kota AKBP Ricardo Condrat Yusuf yang hadir beserta jajaran.

“Penguasa Wilayah” Sudahri, S.SE.MM yang juga Ketua Umum Perwanaliko hadir beserta jajaran pengurus Perwanaliko tak urung ikut memberikan nilai positif terkait enaknya olahan gulai kambiang Al Kampay.

Haji Riza Falepi, S.T., MT yang berkenan hadir dan mencicipi masakan Koki istimewa Al Kampay dalam keterangannya mengatakan.

“Masakannya enak dan gurih, istimewa ini,” ungkap mantan Walikota Payakumbuh 2 periode (2012-2022), yang digadang gadang akan maju sebagai Caleg DPR-RI 2024-2029 dari Partai PKS.

Pun demikian dengan Kapolres Limapuluh Kota, AKBP Ricardo Condrat Yusuf yang hadir bersama Wakapolres, Kasat Binmas, Kasat Narkoba, Kasatlantas, Kapolsek Harau, Babinkamtibmas dan Babinsa (TNI) yang tak lupa memberikan pujian gurihnya masakan Al-Kampay.

“Masakannya enak dan gurih, bau khas kambingnya pun bisa hilang ya..hebat. Bisa jadi referensi bagi saya untuk menyambut tamu yang datang ke Limapuluh Kota,” ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut Kapolres Limapuluh Kota, AKBP Ricardo Condrat Yusuf melalui Kapolsek Harau Harau, IPTU Urip Indra Jaya, S.H. MH juga tidak lupa sosialisasi tentang Kamtibmas.

“Selamat siang, masyarakat Tarantang , salam sehat dan penuh semangat , bangkit Tarantang salam jalin kekompakan , demi ketertiban dan keamanan masyarakat,” ujarnya.

Disamping itu turut hadir Pengurus Perwanaliko (Persatuan Wali Nagari Limapuluh Kota) yang diketuai oleh Wali Nagari Tarantang, Sudahri, S.SE.MM.

“Sebagai Wali Nagari Tarantang, Masakan Pak Al Kampay representasi kearifan Lokal masyarakat yang sudah turun temuruntemurun yang akan selalu lestari, hingga bisa menjadi referensi kuliner bagi wisatawan yang berkunjung ke Harau,” ungkapnya.

Harapan Wali Nagari di Amini Tokoh Masyarakat di Nagari yang turut hadir, Ziswanto Datuak Mangkuto, yang juga di dampingi Didi Datuak Rangkayo Bosa serta Darman Datuak Paduko Rajo, E. Datuak Sindo, Musliadi Datuak Sadeo Dan para kader di Pemerintahan Nagari Tarantang.

“Kami bersyukur gulai kambiang Kelok Soriak mewakili “saratuh bumbu” khas Nagari, hingga bisa di komersilkan dan bisa dinikmati oleh siapa saja,” pungkas mereka.

Setelah Launching hari ini, RM makan gulai kambing Kelok Soriak akan mulai buka besok Kamis, 1 Desember 2022, sejak Pukul 09.00 hingga Pukul 18.00 setiap hari.

Tim

Exit mobile version