Ibu-Ibu Nagari Padang Lua Ikuti Pelatihan Menjahit Bed Cover

Cmczone.com- UPTD Balai Latihan Kerja Payakumbuh yang berada di bawah Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi  Provinsi Sumatera Barat melaksanakan Pelatihan Menjahit Bed Cover dengan format MTU (Mobile Training Unit) di Nagari Padang Lua Kabupaten Agam. Kegiatan ini terselenggara atas permohonan dari Walinagari Padang Lua yang diakomodir oleh BLK Payakumbuh melalui APBD-P tahun 2022.

Wali Nagari Padang Lua Edison, mengungkapkan bahwa koordinasi yang baik antara Pihak Nagari dengan UPTD BLK Payakumbuh dalam menuntaskan pengangguran dapat dijalankan dengan baik sehingga pelaksanaan kegiatan pelatihan menjahit bed cover ini dapat terselenggara.

Warga Nagari Padang Lua, Elisa Lydiana menyambut antusias kegiatan ini, dengan harapan dapat meningkatkan ilmu dan keterampilan Menjahit Bed Cover sehingga nantinya dapat membuka peluang usaha, karena Nagari Padang Lua secara geografis mempunyai potensi yang cukup besar untuk mengembangkan usaha Menjahit Bed Cover.

Baca Juga :   LSM Lingkungan Hidup Resmi Gugat PT.Incasi Raya di PN Painan

Edison yang merupakan putra asli Nagari Padang Lua yang terkenal aktif dan agresif dalam pembangunan di Nagari Padang Lua baik pembangunan Fisik maupun pengembangan Sumber Daya Manusia, selanjutnya meminta kepada peserta untuk dapat mengikuti pelatihan ini sampai selesai dengan serius dan sunggug-sungguh.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Sumatera Barat melalui Kepala UPTD Balai Latihan Kerja Payakumbuh Satri Edi, S.Sos menyampaikan kegiatan pelatihan Menjahit Bed Cover ini merupakan salah satu Program Unggulan Sumbar Madani mencetak 100.000 Milenial Enterpreneur dan Women Enterpreneur. Program tersebut harus sesuai dengan pengembangan potensi masing-masing Nagari yang ada di provinsi Sumatera Barat.

Satri Edi, S.Sos menyampaikan bahwa pelatihan Menjahit Bed Cover di Nagari Padang Lua merupakan pelatihan berbasis kompetensi yang menerapkan kurikulum sesuai dengan SKKNI.

Baca Juga :   Pawai Obor Pada Malam Gema Takbir dan Makan Bersama Dimalam 1 Syawal

“Sebanyak 280 Jam Pelatihan selama 35 hari yang dimulai Tanggal 16 Nopember s/d 12 Desember 2022 dibimbing oleh Instruktur BLK Payakumbuh Rahmi Lathifa Sari, A.Md dengan peserta sebanyak 16 orang. Masing-masing peserta difasilitasi ATK, Pakaian Kerja, pengganti transpor, konsumsi, modul pelatihan dan bagi peserta yang dinyatakan lulus akan mendapatkan sertifikat pelatihan,” Tutur Kepala UPTD BLK Payakumbuh Satri Edi, S.Sos.

Selanjutnya alat dan bahan pelatihan dibawa langsung dari BLK payakumbuh. Sementara tempat pelaksanaan kegiatan ini yaitu di Aula Nagari Padang Lua.

Penulis : MBR