Berita  

Bawaslu Kota Payakumbuh Publikasikan Hasil Pengawasan Pantarlih Untuk Pemilu 2024

Cmczone.com- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Payakumbuh Publikasikan Hasil Pengawasan Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) Untuk Pemilu 2024, Kamis 6 April 2023 di Kantor Bawaslu yang beralamat di Jalan Jeruk Kelurahan Koto Kociak Kubu Tapak Rajo, Kubu Gadang Kecamatan Payakumbuh Utara.

Pada Kesempatan tersebut Ketua Bawaslu Kota Payakumbuh, Suci Wildanis dalam paparannya menyampaikan, Bawaslu Kota Payakumbuh dalam tugas pokoknya adalah mengawasi Pemilihan umum berjalan sesuai Undang undang yang berlaku dan Memastikan Setiap warga Kota (Payakumbuh) terdata sebagai Pemilih pada Pemilu 2024.

“Selanjutnya dalam memberikan saran dalam proses perbaikan untuk kerja Pantarlih dalam hal melakukan Coklit (Pencocokan dan Penelitian),” tukuknya.

Baca Juga :   Dukung Transisi Energi, Riza Falepi : OPD Berangsur-Angsur Memakai Motor Listrik

“Proses pengawasan berikutnya yang perlu kami (Bawaslu) sampaikan adalah Uji Fakta, hal ini berkaitan erat setelah KPU Kota Payakumbuh beberapa waktu lalu menetapkan DPS (Daftar Pemilih Sementara), Dalam hal ini kami memberikan saran perbaikan secara berjenjang, mulai dari Pleno PPS Kecamatan hingga ke tingkat Kota, setidaknya kami sudah memberikan 208 saran Perbaikan ke KPU (Payakumbuh),” imbuhnya.

“Pada Pleno di tingkat Kota (Payakumbuh), KPU sidak menetapkan bahwa DPS Kota Payakumbuh 102, 740 pemilih,” pungkasnya.

Pada kesempatan tersebut Kodiv Pencegahan, Pak Sem menambahkan, dari 370 TPS se Kota Payakumbuh kami (Bawaslu) melakukan Waskat (Pengawasan Melekat) untuk 47 TPS, sementara untuk TPS lainnya kami melakukan Uji Fakta dengan mengambil beberapa Sampling (Contoh) yang kami uji.

Baca Juga :   Persiapkan Paradigma Baru Pendidikan, Disdikbud Kab Limapuluh Kota Adakan Lokakarya Kurikulum Merdeka

“Pada prinsipnya itu baru tahapan pertama dari beberapa tahapan pengawasan yang dilakukan Bawaslu Kota Payakumbuh, yang Tekhnis adalah memastikan setiap Warga Negara Indonesia di Payakumbuh memiliki Hak Pilihnya pada Pemilu 2024,” tutupnya.