Manajemen 4.0 Untuk Trasparansi Pemerintahan

Cmczone.com- Sistem manajemen yang ada dalam sebuah pemerintahan sangat mempengaruhi produktivitas masyarakat dan ekonomi. Sistem manajemen itu tidak hanya berkutat disekitar penggajian para masyarakat dan ekonomi saja melainkan juga meliputi semua hal yang berkaitan dengan cara menjalankan sebuah lembaga, instansi dan lain sebagainya.

Sistem manajemen yang ada dalam sebuah pemerintahan sangat mempengaruhi produktivitas masyarakat dan ekonomi.

Sistem manajemen itu tidak hanya berkutat disekitar penggajian terhadap masyarakat dan ekonomi saja melainkan juga meliputi semua hal yang berkaitan dengan cara menjalankan sebuah lembaga, instansi dan lain sebagainya. Filosofi manajemen yang salah dapat menyebabkan banyak hal, seperti kurangnya motivasi di antara masyarakat, pelaksana kebijakan, dan tujuan yang tidak jelas, dan kurangnya tindak lanjut atas inisiatif.

Baca Juga :   Warga Apresiasi Pembangunan Jalan Rabat Beton di Desa Kuala Simbur

Jika filosofi manajemen yang salah tidak ditangani, itu dapat menyebabkan konsekuensi yang serius. Masyarakat dapat menjadi apatis dan tidak produktif. Proyek dapat tetap belum selesai dan membuat backlog yang sulit dikelola. Ekonomi dapat mengalami penurunan yang signifikan.

Kemudian masyarakat perlu diberi informasi yang cukup untuk membuat keputusan berdasarkan informasi dan meminta pertanggung jawaban dari para pejabat. Akibatnya, departemen dan lembaga pemerintah tidak dapat lagi menyembunyikan aktivitas mereka, karena mekanisme manajemen yang baru akan memberikan pembaruan real-time terkait keputusan keuangan dan kegiatan mereka.

Dengan demikian, masyarakat dapat berpartisipasi dalam proses pengambilan keputusan dan memastikan bahwa uang mereka digunakan dengan benar. Selain itu, masyarakatpun dapat menyuarakan keprihatinan apapun yang mungkin mereka miliki atas kesalahan pengelolaan dana, karena peningkatan transparansi memudahkan mereka untuk mendeteksi penyimpangan.

Baca Juga :   Pak Ansar Ahmad yang Saya Kenal

Sistem manajemen 4.0 dapat meningkatkan transparansi pemerintahan, karena memberikan pemahaman yang lebih baik kepada masyarakat tentang kegiatan dan keputusan pemerintah. Selain itu, memungkinkan masyarakat untuk berpartisipasi dalam proses pengambilan keputusan, karena mereka sekarang memiliki informasi yang diperlukan untuk membuat keputusan. Transparansi yang meningkat ini akan mendorong akuntabilitas dan memperkuat kepercayaan publik terhadap pejabat terpilih mereka.

Sistem manajemen baru ini akan mendorong pemerintah mengambil langkah lebih lanjut untuk memastikan transparansi. Mereka telah menerapkan sistem data terbuka yang memungkinkan warga untuk mengakses data dari sumber pemerintah dalam format yang mudah diakses. Sistem data terbuka ini menyoroti aktivitas dari segala aspek, sehingga oknum hampir tidak memiliki celah untuk tidak merugikan masyarakat.

Baca Juga :   Bupati Inhu Didampingi Kadistan Tinjau Lokasi Perbaikan Jalan dan Kunjungan Ke Kelompok Tani

 

By: FA