Ketua DPD KNPI Bengkalis Dampingi Masyarakat Suku Sakai Pasang Plank di Perkebunan Sawit Desa Bumbung

Cmczone.com- Masyarakat suku sakai lakukan pemasangan plank di lokasi lahan perkebunan sawit dengan luas 361 hektar di Desa Bumbung, Rabu (12/4/23).

Adapun  plank yang di pasang tersebut berbunyi ‘Lahan Perkebunan Sawit Ini Milik Masyarakat Suku Sakai’ sesuai berita acara serah terima oleh pihak PT. Murini Wood Indah Industri melalui Direktur Utama kepada Masyarakat sakai pada tahun 2017 lalu.
Kordinator Gerakan Masyarakat Sakai Andika Putra Kenedi mengatakan gerakan yang dilakukan ini, setelah melakukan pertemuan dengan Direktur bagian umum PT. Murini Wood Indah Industri pada tanggal 11 April 2023 dilantai 5 kantor surya Dumai.
“Maka dengan adanya berita acara penyerahan tersebut, itu mutlak lahan perkebunan sawit milik masyarakat Suku sakai,” ucapnya bersama beberapa Masyarakat suku sakai bersyukur dengan diserahkannya perkebunan sawit ini.
Pria yang akrab disapa Andika Sakai itu, menuturkan dengan diserahkannya perkebunan sawit ini, bisa menunjang perekonomian masyarakat sakai yang ekonominya di bawah rata rata. Dimana masyarakat Sakai menerima perkebunan tersebut setiap KK mendapat 2 Ha, dengan jumlah masyarakat sakai 150 KK.
“Selaku penggagas dan penggerak perjuangan ini, bersama rekan rekan Firdaus Saputra, Reno, Suhardi, akan terus berjuang demi kemaslahatan Masyarakat sakai yang tertindas,” ungkapnya.
Ditambahkan Andika Sakai, perjuangan untuk masyarakat sakai sampai kapan pun terus kita lakukan, agar hak-hak masyarakat Sakai dapat dinikmati untuk kebutuhan perekonomian, kesehatan, pendidikan masyarakat Sakai. Walaupun banyak aral melintang dalam perjuangan, kami tidak pernah mundur dan gentar. Ini bicara hati nurani bahwa masyarakat Sakai itu punya hak untuk hidup di bumi dan negerinya sendiri.
“Sementara untuk kelanjutan gerakan kami, mulai besok kami akan membuat sebuah balai pertemuan di lokasi perkebunan tersebut dan pondok kecil tempat tinggal para masyarakat Sakai untuk merawat dan menjaga perkebunan sawit ini,” terang Andika Sakai menjelaskan perkebunan sawit masyarakat Sakai juga dibawa pengawasan Kantor Hukum Syahrozi dan Partner.
(Tim)

Baca Juga :   Luasnya Lahan Pertanian Tak tergarap Indikasi Buruknya Kinerja Dinas Terkait