SBLF MYRISET Rilis Survai Pilkada Bupati/Wakil Bupati Limapuluh Kota, Safaruddin Ungguli RKN Dengan Selisih 3 %

cMczone.com– Baru-baru ini salah satu lembaga survai yang dikenal sangat akurat yaitu SBLF MYRISET yang dipimpin oleh Edo Andefrson melakukan survai. Kegiatan tersebut dilaksanakan antara tgl 9-14 Mai 2024 dengan jumlah sample 800 dan rentang kesalahan 3.1 %. Survai tersebut juga memotret pilihan warga Limapuluh Kota dalam pemilihan gubernur dan wakil gubernur Sumatera Barat.

Edo Andefrson merupakan seorang intelektual Sumatera Barat sekaligus kandidat doktor di UNP, beliau sudah berkecimpung dalam dunia riset dan survai sejak menyelesaikan S1 di UNP. Tidak pernah absen dalam setiap pemilu eksekutif dan legislatif dengan hasil yang terbilang sangat akurat.

Membaca survai tersebut ada beberapa fakta menarik yang dapat kita jadikan bahan diskusi, diantaranya sebagai berikut, :

1. Mahyeldi menempati urutan pertama di hati dan pikiran warga Limapuluh Kota. Elektabilitas beliau 71,38 %. Beliau disusul Ganefri dengan elektabilitas 16.88 %. Selisih nya terpaut sangat tinggi.
2. ⁠Untuk popularitas calon bupati Limapuluh Kota 6 tertinggi adalah, : Safaruddin 80,50 %, Rezka Oktoberia 73,63 %, Irfendi Arbi 67,75%, Nurkhalis 58.75 %, RKN 57.38 %, dan Deni Asra 46,63 %.
3. ⁠Empat orang dengan elektabilitas tertinggi adalah sebagai berikut, : Safaruddin 23,38 %, RKN 20,13 %, Irfendi Arbi 15%, dan Deni Asra 9,75 %.

Hasil survai tersebut tentu belum terlalu menentukan hasil akhir pilkada, baik provinsi maupun Kab. Limapuluh Kota. Namun setidaknya dapat dijadikan acuan. Mahyeldi dengan elektabilitas 71% pantas saja ditakuti lawan, karena dengan angka setinggi itu hanya keajaiban yang membuatnya dapat dikalahkan. Sedangkan di Limapuluh Kota elektabilitas Safaruddin hanya 23%, secara teori jika beliau kembali ikut bertanding maka tidak sulit untuk dikalahkan. Itu mungkin sebabnya banyak kandidat muncul sebagai penantang, mulai dari wakilnya RKN, Ferizal Ridwan, Deni Asra, Irfendi Arbi dll.