Wakil Bupati Kampar Pimpin Apel Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional 2018.

Bangkinang, (cMczone.com) – Rabu (9/5/2018) Pukul 08.00 WIB, di Lapangan Pelajar Bangkinang dilaksanakan Apel Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional tahun 2018 tingkat Kabupaten Kampar dengan tema BPBD Bekerja Untuk Rakyat Tanggap, Tangkas, Tangguh.

Bertindak selaku Pimpinan Apel Wakil Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto SH mewakili Bupati Kampar, hadir Kapolres Kampar AKBP Andri Ananta Yudhistira SIK, MH, Sekdakab Kampar Drs. Yusri MSi, Dandim 0313/ KPR yang diwakili Danramil 01 Bangkinang Mayor Inf Andri serta perwakilan Forkopimda Kampar lainnya, juga hadir Kepala BPBD Kampar Drs. M. Yasir MM serta sejumlah Kepala OPD Jajaran Pemda Kampar.

Untuk peserta apel terdiri dari pasukan TNI Kodim 0313/ KPR dan Yonif 132/ BS, Polres Kampar, Satpol PP, BPBD, Damkar, Tagana, RAPI Daerah Kampar, ASN, Pelajar dan Pramuka.

Pada Apel Kesiapsiagaan Bencana ini, Wakil Bupati selaku Pimpinan Apel membacakan amanat Bupati Kampar, beberapa hal yang disampaikan antara lain bahwa tujuan dilaksanakannya apel ini adalah untuk membangun komitmen dan kapabilitas kita semua tentang kesiapsiagaan bencana.

Berdasarkan UU Nomor 24 tahun 2017 tentang penanggulangan bencana sebagai bagian dari revolusi mental dan upaya untuk merubah perilaku masyarakat menuju budaya aman bencana, dengan melakukan edukasi publik melalui gerakan kesiapsiagaan dan meningkatkan kemampuan seluruh komponen Pemerintah, Ormas, Komunitas serta keluarga maupun individu.

Baca Juga :   Masyarakat Merangin Sangat Antusias Mengikuti Vaksin Massal Di Mapolres Merangin

Sebagaimana diketahui bahwa Kabupaten Kampar termasuk salahsatu daerah yang rawan bencana seperti banjir, tanah longsor, kekeringan, karlahut dan kabut asap, dari beberapa potensi bencana ini ada yang bisa diprediksi sehingga perlu ikhtiar atau usaha untuk pencegahan serta kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana.

Dalam apel ini juga digelar sejumlah kendaraan serta peralatan penanggulangan bencana baik dari Jajaran Pemda, Polres Kampar maupun stake holders terkait lainnya.

Apel Kesiapsiagaan Bencana ini berakhir pada pukul 08.30 wib dan seluruh rangkaian acara berlangsung dengan aman, tertib dan lancar (asril)