Wah,,,Sampan Hias Ikut Semarakkan Balimau Kasai di Desa Batu Belah.

Kampar,(cMczone.com) – Sampan hias akan menghiasi iven Balimau kasai di Desa Batu Belah Kecamatan Kampar dalam rangka menyambut datangnya Bulan Suci Ramadhan 1439 H/2018 M yang dimulai dari Desa Muara Uwai Kecamatan Bangkinang dan berhilir sampai ke Desa Batu Belah Kecamatan Kampar sebagi Pusat kegiatan Balimau Kasai.

Demikian salah satu hasil rapat persiapan pelaksanaan Balimau Kasai yang diadakan di ruang Rapat lantai III Komplek perkantoran Bupati Kampar yang dipimpin oleh Cokroaminoto Kepala Dinas Lingkungan Hidup selaku ketua Panitia pada hari Jumat (11/5/2018).

Iven tahunan ini juga akan dilaksnakan pada hari rabu tanggal 16 Mei 2018 yang dimulai dari Desa Muara Uwai Kecamatan Bangkinang kota dan finish di Desa Batu Belah Kecamatan Kampar, insya Allah akan di hadiri oleh Plt Gubernur Riau untuk pembukaan Balimau kasai ini” Kata Cokro aminoto.

Baca Juga :   Ansar-Marlin Datang ke DPRD Kepri Pukul 09.40 WIB

Kegiatan ini akan diikuti oleh seluruh yang diawali oleh Sampan Induk yang berisikan music Tradisonal Kampar sebagai pembuka awal barisan kemudian diikuti oleh sampan hias dari Organisasi Perangkat Daerah dan masyarakat.

Dikatakan Cokro Aminoto Bahwa pada iven balimau kasai ini kita mengangkat thema keunikan nilai budaya Kabupaten Kampar Negeri Serambi Mekkahnya Riau, oleh sebab itu ia meminta kepada seluruh pesrta dan masyarakat untuk dapat menjunjung tinggi nilai budaya adat istiadat yang dianut oleh masyarakat” Kata Cokro aminoto lagi.

Ditambahkan Cokro Aminoto bahwa Pemerintah Kabupaten Kampar menghimbau agar dapat mejaga dan mensukseskan kegiatan ini sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak kita ingini, karena dari pengalaman yang sudah-sudah hendaknya dapat kita hindari.

Baca Juga :   Ansar: Jangan Sampai Nelayan Kepri, Seperti Anak Ayam Mati di Lumbung Padi

Oleh sebab itu kepanitiaan yang telah dibentuk baik dari Desa Batu belah maupun dari Kabupaten Kampar dapat bekerja semaksimal mungkin, terutama pengamanan di Sungai maupun terhadap pengamanan dijalan-jalan” Tambah Cokro lagi.

Sementara iru Heri Susanto dari Dinas Pariwisata Kabupaten Kampar selaku anggota Paniti dalam arahan menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan dan telah menjadi tradisi masyarakat yang dilakukan secara turun temurun, kita berupaya saja agar ini dapat berjalan dengan lancar, tanpa kita bentukpun kegiatan ini tetap berjalan oleh masyarakat,namun untuk tertibnya kita telah lakukan koordinasi antar Pemerintah Kabupaten dengan Pemerintah Kecamatan dan Desa” Kata Heri Susanto.

Tokoh masyarakat Desa Batu Belah Kecamatan Kampar Bakri mengatakan bahw akegiatan ini merupakan kegiatan rutin masyarakat Desa Batu Belah yang sudah dijalani bertahun-tahun , oleh sebab itu karena ini juga merupakan iven daerah kami berharap kegiatan ini dapat memberikan citra kepada masyarkat luar terhadap iven ini yang juga dapat mengangkat daerah sebagi tujuan kunjungan wisata” Kata Bakri.

Baca Juga :   Ansar Ahmad Ajak Warga Pariaman Bersatu dan Berpartisipasi dalam Pembangunan

Terakhir cokro menghimbau agar kegiatan ini dapat berjalan berjalan dengan lancer dan sukses tanpa ada halangan dan rintangan, kepada masyarakat ia menghimbau agar dapat menjaga ketertiban dan keamanan sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan” Tutup Cokro.(asril)