Kita Bangga! Anggota Parlemen Inggris Memakai Bahasa Indonesia Saat Sidang

Inggris,(cMczone.com) – Untuk pertama kalinya, Bahasa Indonesia diucapkan saat sidang parlemen Inggris. Momen ini membuat warga Indonesia bangga. Seperti apa ceritanya?
Bahasa Indonesia tersebut diucapkan dengan fasih oleh anggota parlemen Inggris, Richard Graham saat sidang pada Rabu (10/10) waktu setempat. Graham meminta kepada Perdana Menteri (PM) Inggris, Theresa May agar menambah donasi untuk korban gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah.
Saat tengah menyampaikan pendapat, Graham menyisipkan kalimat dalam Bahasa Indonesia. Video itu diposting di Instagram oleh Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), Triawan Munaf.
“Teman yang membantu saat dibutuhkan adalah teman sebenarnya. A friend in need is a friend indeed,” ucap Graham, dilihat detikcom pada Kamis (11/10/2018).
Pendapat Graham dibalas oleh May. Dia mengatakan akan mengerahkan upaya bantuan untuk menolong korban gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah.
“Kami turut berduka kepada mereka yang kehilangan keluarga dan kerabat. Kami tidak akan melupakan keluarga mereka dan memastikan untuk mendukung mereka, memulihkan luka, baik secara fisik dan mental,” ucap May, seperti dilansir media Inggris, Express.
Selain menjabat sebagai anggota parlemen, Graham juga mengemban jabatan sebagai Penasehat PM Inggris bidang perdagangan dengan Asean dan Indonesia.
Soal bantuan, Inggris sejauh ini telah menyerahkan bantuan kemanusian sebesar Rp 60 miliar. Warga Inggris juga mengumpulkan donasi hingga Rp 156 miliar dan diperkirakan jumlahnya akan terus bertambah.
“Selain bantuan kemanusiaan senilai Rp 60 miliar dari pemerintah saya, warga Inggris sangat tergerak & ingin membantu. Sumbangan yang dikumpulkan di Inggris sudah mencapai Rp 156 miliar dan masih bertambah. Sumbangan ini akan disalurkan ke LSM-LSM yang efektif di lapangan untuk proses rehabilitasi,” kata Dubes Inggris untuk Indonesia, Moazzam T Malik melalui Twitter.

Baca Juga :   Trump pecat jaksa agung penentang larangan masuk imigran

Sumber :detik.com
Editor :M Zulham