Agung Dhamar Usulkan Konferensi Internasional IOC WESTPAC 2020 Dilaksanakan di Tanjungpinang

Shanghai,China,(cMczone.com) – Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan (FIKP) Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) semakin diperhitungkan di rantau Asia-Pasifik.

Pasalnya, Dekan FIKP UMRAH,  Dr. Agung Dhamar Syakti dijemput sebagai pembicara tamu pada Workshop bertaraf Internasional yang dilaksanakan UNESCO-IOC Sub-Commission for the Western Pacific (WESTPAC) dengan East China Normal University sebagai Tuan Rumah pelaksanaan pada tanggal 15-17 Oktober 2018 di Vienna International Hotel, Shanghai-China.

Dalam kegiatan yang berlangsung selama tiga hari tersebut, Dekan FIKP, Dr. Syakti memaparkan hasil risetnya terkait dampak mikroplastik terhadap species karang dalam hal ini adalah Acropora formosa.

Ia katakan, selama kegiatan workshop tersebut berlangsung kita melakukan review hasil riset yang dilangsungkan satu tahun terakhir dengan menggunakan metode standard yang dikembangkan bersama-sama para pakar dari berbagai negara termasuk Dekan FIKP UMRAH yang difasilitasi oleh IOC-WESTPAC pada Workshop Perdana di Phuket, Thailand pada tahun sebelumnya, katanya.

Baca Juga :   Ingin Cium Calon Istri, Pria Ini Kaget Pas Masker Dibuka Kok Berjenggot, Ternyata…

Pelaksanaan Workshop ini juga untuk menyamakan persepsi dan metodologi yang mengharmonisasikan riset-riset mikroplastik. Selain itu juga dibahas tentang problem dan tantangan, lessons learned dan peluang kerjasama riset mikroplastik untuk riset-riset lanjutan, ujar Agung yang merupakan lulusan dari Prancis itu.

Selain itu, Hasil dari kegiatan ini adalah dibukukannya panduan sampling dan analisis mikroplastik di sedimen pantai (Guideline for Sampling and Analysis of Microplastics in Beach Sediment), tambahnya.

Dikatakannya, dari Indonesia sendiri yang mengikuti acara tersebut selain Dr. Syakti, juga turut diundang Deputi Bidang Ilmu Pengetahuan Kebumian, Dr. Zainal Arifin dan Peneliti dari Pusat Penelitian Laut Dalam-LIPI, Dr. Corry Yanti Manullang.

Dekan FIKP UMRAH, Dr. Syakti di hadapan para peserta dari berbagai negara asia pasifik mengusulkan agar Workshop Ketiga tentang mikroplasik dapat disejalankan dengan Konferensi Internasional IOC WESTPAC 2020 yang akan diikuti 700 ilmuwan di kawasan Asia Pasifik dapat dilaksanakan di Tanjungpinang dengan UMRAH nantinya.(Donny/tim)