Akan Ada Dua Bulan Pada Tahun 2020.

Tiongkok,(cMczone.com) –  Kota barat daya Tiongkok, Chengdu, berencana meluncurkan satelit iluminasi yang juga dikenal sebagai artificial moon (bulan buatan) untuk menerangi kota menggantikan penerangan konvensional lampu jalan.

Bulan buatan yang dikembangkan di Chengdu Aerospace Science and Technology Microelectronics System Research Institute Co. Ltd itu dijadwalkan meluncur pada 2020, demikian dilaporkan People’s Daily China, dikutip Minggu (21/10/18).

Chairman Chengdu Aerospace, Wu Chunfeng, mengatakan bulan buatan itu delapan kali lebih terang dari bulan aslinya, dan akan cukup terang untuk menggantikan lampu jalan.

Satelit itu akan mampu menerangi area seluas 10 hingga 80 kilometer, sementara jangkauan pencahayaannya yang tepat bisa dikontrol dalam beberapa puluh meter.

Baca Juga :   Protes Dugaan Penyalahgunaan Anggaran JKN di Dinkes Labuhanbatu

Menurut Wu, pengujian satelit penerangan Tiongkok itu sudah dimulai sejak bertahun-tahun lalu, dan sekarang teknologi itu akhirnya matang.

Beberapa kalangan menyatakan keprihatinannya bahwa lampu yang dipantulkan dari angkasa bisa membawa dampak buruk bagi rutinitas sehari-hari hewan tertentu dan pengamatan astronomi.

Namun, Kang Weimin, direktur Institut Optik Sekolah Luar Angkasa, Institut Teknologi Harbin, membantahnya. Dia mengatakan bahwa cahaya satelit mirip dengan cahaya pada senja hari, tidak mempengaruhi rutinitas hewan.

Sumber      : Berita Satu

Editor        : M.Zulham