Biografi Rusdi Bromi | Aktivis Jalanan Menuju Gedung Parlemen

Pekanbaru, (cMczone.com) – Aksi Rusdi bromi dalam menyuarakan keadilan dan menentang kebijakan yang dianggap mengabaikan unsur keadilan masyarakat menjadikan sosok pria kelahiran Sumbar itu tidak takut dalam berjuang demi masyarakat meski harus turun ke jalanan.

Kepedulian Romi menjadikan ia seorang “Aktivis Jalanan” dan penggiat sosial di berbagai organisasi dalam perjuangan segala keluhan dari masyarakat.

Ikut serta dalam kegiatan pembuatan Film dan sosialisasi Film Bahaya Narkoba (3PH)

Berikut biografi dan sepak terjang Aktivis Rusdi bromi :

BIODATA

Nama  : Rusdi Bromi
TTL      : Pesisir Selatan, 18 Agustus 1976
Agama : Islam
Alamat : Villa Tiga Dara Kecamatan Tampan, Pekanbaru.
Profesi : Wiraswasta

FB         : Rusdi Bromi

IG          : Rusdi Bromi

Tweeter: Rusdi Bromi

BIOGRAFI

Rusdi Bromi dilahirkan di desa kecil di kecamatan Batang Kapas, Pesisir Selatan, Sumbar pada 18 Agustus 1976. Semasa kecil ia sudah terbiasa hidup sebagai perantauan terutama saat memulai pendidikan dibangku Sekolah SD di jakarta, kemudian melanjutkan SMP, SMKN di Pariaman.

MASA KECIL

Tumbuh sebagai anak yang berprestasi, hal itu dapat dilihat sejak duduk di bangku sekolah dasar dari beberapa hadiah berbuah prestasi yang telah diraihnya, ketekunan belajar bahasa inggris membuat ia selalu mendapatkan nilai tinggi dan juga pernah diminta mengajari siswa oleh guru bahasa inggris sewaktu di SMP.

KIPRAH BERBAGAI ORGANISASI

Pengurus IKMR Kec, Tampan Bidang Pengembangan Organisasi  2013 – Sekarang

Ketua PERSOBAS Kota Pekanbaru 2015 – Sekarang

Sekretaris IKSG – PKDP Pekanbaru 2010-2013

Wakil Ketua PKDP KOTA Pekanbaru 2010 – Sekarang

Sekretaris IPK KEC, Tampan 2012 – 2013

Sekretaris  IPK Kota  Pekanbaru  2013 – 2015

Wk. Ketua Bidang Tenaga Kerja KNPI  Kota pekanbaru  2015 – Sekarang

Sekretaris Koperasi Pasar Panam (KOPPAS PANAM) 2018 – Sekarang

Wk. Sekretaris FOKAN Riau 2016 – 2019

Perintis serta Pendiri hingga Tercipta MUSWIL Pertama PEKAT IB Riau Pada 11 November 2015

Sekretaris Wilayah DPW PEKAT IB Riau 2015

Mandataris Ketua Forum Pers Independen Indonesia (FPII) Riau. 2019 – Sekarang

Anggota DPP GPAN (Generasi Peduli Anti Narkoba) Sejak 2016

Pendiri/ Co-Founder DPP KATASANDI

Rusdi Bromi Saat membebaskan lahan masyarakat dari penjarah

Selain itu Rusdi Bromi masih aktif sebagai Mahasiswa Fakultas  Hukum di Universitas Islam Riau. Baginya tidak ada kata terlambat untuk terus menimba ilmu dan pepatahpun mengatakan “tuntutlah ilmu mulai dari ayunan sampai akhir kehidupan”. Berbagai keilmuan pernah ditekuninya seperti design grafis, Komputer dan ilmu ekonomi yang memang sudah dimulainya sejak pendidikan menengah. Baginya dengan terus belajar dan mempelajari semakin bisa untuk melihat luasnya dunia namun semakin kecil merasakan keberadaan dirinya.

Baca Juga :   Ini Pesan Ansar Ahmad pada Camat, Lurah dan Kepala Desa Se-Kabupaten Karimun

Pembawaan sifat mudah bergaul hampir di semua kalangan membuat ia dikenal Supel, Idealis dan vokal dalam kritikan bersifat membangun terhadap setiap kebijakan yang dirasa tidak memenuhi unsur keadilan di masyarakat.

KEPEDULIAN DUNIA PENDIDIKAN

Mengkritisi pihak sekolah melakukan pungutan liar (Pungli) bukan suatu baru bagi rusdi bromi menyelesaikan keluhan dari orang tua siswa.

Selain itu kritikan juga kerap ia dilontarkan kepada pemerintahan tentang sulitnya mendapatkan sarana pendidikan yang disediakan pemerintah. Masuk sekolah berebut, berdesak dan di khawatir memicu suap dan pungli dan pendidikan merupakan kebutuhan anak bangsa.

Menurutnya pendidikan sudah sepantasnya harus di dukung bersama apalagi demi kemajuan suatu bangsa, bukan mempersulit dalam mendapatkan pendidikan. Sangat miris tapi itulah kenyataannya persoalan utama sekarang bagaimana memperjuangkan masyarakat agar memperoleh pendidikan adil dan layak.

BERANI MENEGAKKAN KEADILAN

Dalam upaya menegakkan hukum di masyarakat Rusdi bromi ikut menentang pembangunan sebanyak 32 unit ruko di Arifin ahmad karena telah melanggar ketentuan dan telah menyalahi aturan pembangunan namun pihak-pihak terkait tak mengindahkan walau sudah di ingat beberapa kali maka ia tak segan-segan memaksa aktifitas tersebut dihentikan walau beresiko tinggi.

Namun karena kegigihannya dan rasa keingin tahuannya tentang sejauh mana hukum itu dapat diteggakkan dalam masyaraka,t hal beresiko pun ia lakukan dalam upaya menegakkan hukum yang berkeadilan hingga permasalahan mendapatkan solusi penyelesaian yang baik.

Pada tahun 2018, Rusdi bromi turut ikut membantu penyelamatan seorang anak perempuan berusia 9 tahun yang diculik oleh orang yang tidak bertanggung jawab dan langsung ikut dalam pencarian bersama TIM dari Polres setempat di Sumatera Utara.

Pencarian dan Penangkapan membutuhkan waktu 8 jam tersebut berlangsung sangat penegangkan dan akhirnya pelaku berhasil diamankan serta korban pun dapat kembali kepangkuan orang tuannya dengan selamat dan berita tersebut juga ditayangkan sebagian besar TV Nasional. Karena baginya hukum harus ditegakkan dan berlaku sama terhadap siapapun dan tidak hanya berlaku kepada masyarakat bawah.

Hukum bukan lagi tempat yang kondusif untuk menciptakan keharmonisan dan keserasian sosial, bahkan hukum telah menjelma menjadi neo- imperium (penjajah baru) dimana keadilan telah tereliminasi dan hukum menjadi sesuatu yang anarki. Oleh karena hukum dan keadilan telah terpisahkan, maka keadilan dianggap sebagai pihak oposisi dari hukum. Ketika masyarakat menuntut keadilan, hukum begitu reaktif dengan melakukan rasionalisasi prosedural hukum, kualitas kepastian dan alasan-alasan lainnya. Masyarakat begitu apatis terhadap hukum karena hukum telah kehilangan kepercayaan (loosing trust). Masyarakat lebih memilih jalan sendiri untuk menyelesaian konflik yang mengganggu kepentingan sosial. Oleh sebab itu walau sudah tidak muda lagi lagi sosok Rusdi bromi tak malu-malu mempelajari Ilmu Hukum dan mejadi mahasiswa disalah satu PT di Riau.

Baca Juga :   Solo Women - Where to Meet up with Single Girls in Your City

MEMBANGUN & PERJUANGKAN EKONOMI MASYARAKAT

Bersama kawan kawan terus dan berupaya mendorong terbentuk, berdiri dan berkembangnya lembaga ekonomi dengan kegotong royongan dan kebersamaan seperti salah satunya mendirikan koperasi. Karena baginya lembaga ekonomi seperti Koperasi sangat bagus untuk dikembangkan selain karena memupuk rasa kegotong royongan, kebersamaan, koperasi juga sangat besar manfaatnya terlebih manfaat terhadap anggotannya apabila Koperasi tersebut dikelola dengan baik dan sesuai aturan yang sudah ditetapkan sangat dibutuhkan SDM dan tanggung jawab tinggi dari Pengurus dalam mengelola Kopersai agar dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. Karena Koperasi juga dapat dikembangkan unit usahanya seperti sebagai Unit pemasaran UMKM yang saat ini usaha- usaha rumahan masyarakat dan UMKM2 tumbuh subur namun terkadang terkendala dalam hal pemasaran produknya, hal-hal seperti ini dapat menjadi bagian unit usaha Koperasi dan sangat membantu UMKM dan usaha masyarakat lainnya dalam memasarkan produk mereka. Serta memberikan materi serta latihan terkait ekonomi kreatif diberbagai tempat di lingkungan masyarakat.

Melalui sepak terjang dan langkah-langkah perjuangan ia selalu mendapat respon positif di kalangan masyarakat.

SEMANGAT PERUBAHAN

Tampil apa adanya, bicara apa adanya dan selalu menerbarkan semangat terus berjuang untuk lebih baik yang dimulai dari diri sendiri. Sulit dan terkadang juga mendapat tekanan kondisi bila memegang prinsip yang idealis serta blak-blakan dalam menyampaikan kritikan baik kepada Pemerintah sebagai pengambil kebijkan Publik juga kepada Pihak penegak hukum sebagai Alat Negara dalam penegakkan Hukum, namum kondisi tersebut memang tak bisa lagi dibendung dan hanya dipendam dalam hatinya. Pemberontakan hatinya terhadap banyak hal yang terjadi terhadap masyarakat terlebih masyarakat yang tidak mampu dan awam. Pahit manisnya telah dirasakannya dalam mendampingi dan berjuang bersama masyarakat dalam mendapatkan keadilan Pelayanan, keadilan sosial, keadilan hukum dan lain sebagainya. Dan dia juga paling suka diajak diskusi terlebih diskusi dalam hal penegakkan Hukum, Pendidikan serta yang berkaitan dengan Industri kreatif yang sedang berkembang saat ini.

Baca Juga :   Hebat, Desa Sawah Wakili Kampar Lomba UP2K Tingkat Provinsi.

TERJUN KE DUNIA POLITIK

Rusdi bromi pernah membenci namanya politik, diakibatkan banyak orang politik terjerat korupsi tidak lain adalah wakil rakyat jadi tersangka korupsi. namun seiring waktu berjalan dengan diskusi positif ia memahami alangkah penting sebuah perjuangan untuk Masyarakat serta sarana penyaluran kecerdasan melalui ranah politik.

Romi harus membenarkan motivasi dari orang-orang terdekat menyampaikan “dari pada kamu melakukan demo berjuang dijalan dan berteriak-teriak diluar, mungkin sebaiknya kamu perjuangkan masyarkat dan berteriak lantang di dalam sisitem agar perjuanganmu lebih maksimal untuk masyarakat” kata-kata itulah yang terus terngiang ditelinganya. Semoga masyarakat semakin cerdas dan memilih Pemimpin serta wakil Rakyat yang Cerdas, Visioner, Peduli dan berani untuk Perubahan untuk Daerah, Bangsa dan Negara Indonesia

MENUJU GEDUNG PARLEMEN SEBAGAI WAKIL RAKYAT

Rusdi bromi akhirnya memutuskan harus menapaki kaki menuju gedung Parleman sebagai Calon Wakil Rakyat (DPRD) Kota Pekanbaru. Daerah Pemilihan (Dapil) V Tampan No. Urut. 7 melalui Partai Hanura dan siap menghadapi Pemilu, 17 April 2019 mendatang.

Dengan semangat optimis ia siap melakukan perubahan masyarakat baik perubahan dibidang Pendidikan, Hukum dan Ekonomi sesuai perubahan untuk masyarakat dan selaras dengan keinginan masyarakat. Apapun hasil dari perjuangan nanti, saya akan tetap terus berjuang, tetap kritis dan solutif dan berharap Masyarakatlah yang menang atas pilihan cerdasnya. Semoga yang terpilih, Baik sebagai pemimpin Negara maupun sebagai Wakil Rakyat adalah orang yang Cerdas, Peduli, Visioner, Berani Untuk Kepentingan dan Keadilan Rakyat.

“Bila Hati Nurani Rakyat bicara, Demokrasi tidak hanya Penguasa dan  Birokrasi yang kuat tapi rakyat yang bebas berserikat dan Merdeka. Teriakan dan perjuangan tiada artinya tanpa sebuah kebijakan yang merubah kehidupan dan sosial Masyarakat, karena bagi saya hidup adalah memberi arti dan manfaat. Biarkan Rakyat penentu arah Bangsa ini di bangun dan menjaga masa depannya, sebab Rakyat adalah PEMILIK SAH KONSTITUSI. Mohon Do`a dan Dukungan. Terima kasih saya ucapkan sebelumnya, kalau mau bantu Share boleh juga katanya sambil berseloroh” . itulah kata penutup dari Rusdi Bromi pada pertemuan itu.

 

 

Penulis  : Habiburrahman

Sumber  : Rusdi Bromi

Kategori : Aktivis dan Pegiat Sosial