Kapal Selam Pertama Karya Anak Bangsa Akan Segera Diluncurkan

Surabaya,(cMczone.com) – Kapal Selam Pertama Buatan PT. PAL Surabaya , Kapal Selam Diesel Elektrik Ini Dirakit Bersama Daewoo Shipbuilding And Marine Engineering (DSME) Korea Selatan Sebagai Bagian Program Transfer Teknologi.

Rencananya Kapal Selam Tersebut Akan Diluncurkan Pada 12 April 2019.  Penandatanganan kerjasama ini dilakukan oleh menteri Purnomo Yusgiantoro, Mantan Menteri Pertahanan 2009-2014. Kapal selam pesanan ketiga milik TNI AL yang dipercayakan pembuatannya kepada PT PAL Indonesia bakal meluncur Maret 2019. Kapal selam pertama yang dirakit di dalam negeri ini merupakan kerja sama alih teknologi dengan Korea Selatan.

Alhamdulillah saat ini sudah kami siapkan proses dan prosedur protokoler untuk melakukan peluncuran kapal selam tersebut, dan kemungkinan Maret 2019 akan kami luncurkan,” kata Direktur Utama PT PAL Indonesia, Budiman Saleh di Surabaya, Jawa Timur, Senin (25/2/2019).

Baca Juga :   Komisioner: Pilkada Kabupaten Solok Terancam Gagal, Ketua KPU: Itu Pernyataan Pribadi

PT PAL merupakan perusahaan galangan Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Dua kapal selam sebelumnya telah lebih dahulu diserahterimakan, dibuat di Korea Selatan.

Ketiga kapal selam pesanan TNI AL ini dibuat gabungan antara PT PAL Indonesia bekerja sama dengan perusahaan galangan di Korea Selatan.

Sedangkan untuk kapal selam ketiga yang akan diluncurkan, perakitannya dilakukan secara mandiri oleh anak bangsa di galangan PT PAL Indonesia yang berlokasi di kawasan Tanjung Perak Surabaya, setelah mendapat transfer teknologi dari Korea Selatan.

Kepala Humas PT PAL Indonesia, Bayu Witjaksono mengatakan, tiga kapal selam yang dipesan oleh TNI AL itu merupakan program pertama dari transfer teknologi antara PT PAL Indonesia dengan Korea Selatan.

Baca Juga :   H. Nurkhalis DT. Bijo Dirajo Panen Bawang Bersama Kelompok Wanita Tani Mawar Saiyo Padang Rantang

Kapal selam pertama yang bernama KRI Nagapas 403 telah diresmikan secara langsung Menteri Pertahanan RI Ryamizard Ryacudu pada 2 Agustus 2017 dan saat ini telah memperkuat armada RI.

Kapal selam kedua KRI Ardadedali 404 juga telah diresmikan di Galangan Daewoo, Korea.(Dian Burlian,SH,. MA)