4 Tips Persiapan Diri Menyambut Bulan Ramadhan

CMCZONE — Sebentar lagi kita akan kedatangan tamu mulia, yaitu bulan ramadhan. Satu bulan dalam sistem penanggalan hijriyah yang senantiasa dirindukan kedatangannya.

Ramadhan datang dengan membawa berjuta berkah untuk setiap insan beriman, dan ampunan bagi insan yang terselimuti dosa, serta sebuah malam yang agung yang selalu dinanti keadirannya oleh para ahli ibadah.

Sebagai seorang muslim tentunya kita harus bersiap diri menyambut datangnya bulan suci ramadhan. Lantas apa yang harus kita persiapkan?.

Setidaknya terdapat empat hal yang harus kita persiapkan menyambut datangnya bulan suci ramadhan, yaitu pertama, mempersiapkan jiwa, kedua mempersiapkan ilmu, ketiga mempersiapkan fisik, dan keempat, mempersiapkan harta.

Baca Juga :   Ansar Ahmad Ajak KKBB Bangun Kepri

Mempersiapkan Jiwa

Kenikmatan kita dalam menjalankan ibada puasa di bulan ramadhan menjadi hal yang sangat penting, karena apabila kondisi hati kita masih penuh dengan suasana kebimbangan, tidak tenang, dan futur, maka kita tidak akan bisa menjalankan ibadah dengan penuh hidmat. Sehingga jiwa kita harus dipersiapkan dengan melatih diri dengan memperbanyak ibadah sunnah sebelum memasuki puasa ramadhan, memperbanyak tilawah al-Qur’an, memperbanyak shalat lail, dan memperbanyak istighfar.

Mempersiapkan Ilmu

Sebelum memasuki bulan suci ramadhan, hendaknya kita mempelajari ilmu-ilmu yang berkaitan dengan ibadah puasa, seperti mempelajari syarat diterimanya puasa, hal-hal yang membatalkan puasa, perbuatan yang diperbolehkan dan yang dilarang bagi orang yang berpuasa, amalan-amalan utama ketika berpuasa, dan hukum-hukum lain yang terkait selama berpuasa, seperti zakat, infaq, dan sadaqah.

Baca Juga :   IKA-UIS Batam Dilantik, Ansar Ahmad: IKA-UIS Aset Penting Provinsi Kepri

Mempersiapkan Fisik

Menyambut ibadah puasa Ramadhan, salah satu yang harus kita siapkan adalah kesehatan fisik kita, sehingga dalam melaksanakan puasa ramadhan dapat terlaksana dengan baik dan lancar seingga puasa menyehatkan. Hal itu dapat kita lakukan dengan menjaga pola hidup sehat, dengan makan makanan yang bergizi, berolahraga, dan istirahat yang cukup, serta menjaga kebersihan lingkungan.

Mempersiapkan Harta

Termasuk hal yang penting juga kita persiapkan menyambut puasa Ramadhan adalah harta, selain untuk memenuhi kebutuan sehari-hari kita, juga kita siapkan untuk berinfak dan bersadaqah, karena sadaqah yang paling utama adalah sadaqah di bulan suci Ramadhan. Hal itu sebagaimana sabda Rasulullah : “Sadaqah yang paling utama adalah sadaqah di bulan suci Ramadhan”. (HR.Tirmidzi).

Baca Juga :   Gelar Gowes Nusantara Kapolda Sulsel Bagikan Puluhan Hadiah Door Prize.

Semoga dengan persiapan-persiapan yang telah kita siapkan, kita dapat melaksanakan ibadah puasa dengan penuh hidmat, sehingga kita tergolong orang-orang yang bertakwa. Amin. (Red/Lima detik)