Kapolda Mutasi Sejumlah Wakapolres dan Kapolsek di Riau

PEKANBARU – Guna melakukan penyegaran dan penyesuaian Agenda Pendidikan Sekolah Staf dan Pimpinan Menengah (Sespimmen) Polri Angkatan 59 tahun ajaran 2019, Polda Riau melakukan mutasi terhadap 5 Wakapolres dan 10 jabatan Kapolsek.

Berdasarkan Surat Telegram dari Kapolda Riau Nomor: ST/372/V/KEP/2019, sejumlah jabatan strategis untuk posisi Wakil Kepala Kepolisian Resort (Wakapolres) yang dilakukan rotasi diantaranya, Wakapolres Kampar Kompol Basa Emden Banjarnahor SIK MH diangkat dalam jabatan barunya sebagai Kaurluhkum Bidkum Polda Riau. Sebagai penggantinya, dipercayakan kepada Kompol Ricky Ricardo SIK yang sebelumnya merupakan Kapolsek Mandau.

Kemudian Wakapolres Kuansing Kompol Dodi Harza Kusumah SH SIK MSi dimutasi sebagai Pamen Polda Riau dalam rangka pendidikan Sespimmen Polri Angkatan 59.

Posisi Wakapolres Kuansing selanjutnya dipercayakan pada Kompol Razif SH yang sebelumnya menjabat salah satu Kasubbag di Itwasda Polda Riau.

Berikutnya, Wakapolres Bengkalis Kompol Ade Zamrah SIK dimutasi sebagai Pamen Polda Riau dalam rangka pendidikan Sespimmen Polri Angkatan 59. Posisi Wakapolres Bengkalis dijabat Kompol Kurnia Setiawan SIK yang sebelumnya menjabat sebagai Kabag Ops Polresta Pekanbaru.

Baca Juga :   Akhirnya Kejati Babel Tahan Tersangka Kasus Pipa Merawang.

Wakapolres Rohil Kompol Dr Wawan SH MH selaku pejabat lama, digantikan oleh pejabat barunya Kompol Jamesrianov Syalom Rajagukguk SIK yang sebelumnya mengemban tugas sebagai Kapolsek Bangko.

Wakapolres Pelalawan Muhammad Agus Hidayat SH SIK dimutasi sebagai Pamen Polda Riau Dalam rangka pendidikan Sekolah Staf dan Pimpinan Menengah (Sespimmen) Polri Angkatan 59.

Posisinya sebagai Wakapolres Pelalawan selanjutnya digantikan Kompol Rezi Dharmawan SIK MIK yang sebelumnya menjabat sebagai Kabag Ops Sat Brimob Polda Riau.

Sementara, untuk jabatan setingkat Kepala Satuan (Kasat) yang mengalami pergantian, yakni Kasat Reskrim Polresta Pekanbaru Kompol Bimo Ariyanto SH SIK yang pada kesempatan di Tahun Ajaran 2019 ini mengikuti pendidikan Sespimmen Angkatan 59 Polri, ditugaskan sebagai Pamen Polda Riau.

Untuk pejabat penggantinya, Kasat Reskrim Polresta Pekanbaru diemban AKP Awaludin Syam SIK yang sebelumnya menjabat Kasat Reskrim Polres Dumai.

Sedangkan untuk posisi pejabat baru Kasat Reskrim Polres Dumai dipercayakan kepada AKP Dany Andhika Karya Gita SIK yang sebelumnya menjabat sebagai Panit I Unit I Subdit I Ditreskrimum Polda Riau.

Baca Juga :   PT Jambi Batanghari Plantation (JBP) Bantu Rumah Korban Kebakaran Melalui Program (CSR)

Rotasi juga dilakukan pada jabatan Kasat Lantas Polresta Pekanbaru Kompol Rinaldo Aser SH SIK MSi yang pada tahun ajaran ini berkesempatan mengikuti pendidikan Sespimmen dipindah tugaskan sebagai Pamen Polda Riau.

Selanjutnya digantikan AKP Emil Eka Putra SH SIK MSi yang sebelumnya bertugas sebagai Kasi BPKB Subditregident Ditlantas Polda Riau.

Kemudian untuk mengisi posisi jabatan Kabag Ops Polresta Pekanbaru yang ditinggalkan Kompol Kurnia Setiawan, selanjutnya dipercayakan kepada Kompol Angga Febrian Herlambang SIK yang sebelumnya merupakan Kapolsek Limapuluh.

Sedangkan sebagai pejabat baru Kapolsek Limapuluh diemban oleh pejabat barunya AKP Sanny Handityo yang sebelumnya menjabat Kapolsek Tapung.

Kapolsek lainnya yang turut dirotasi yakni Kapolsek Senapelan Kompol Agung Tri Adiyanto SIK yang mendapat tugas baru sebagai Kasi BPKB Subditregident Ditlantas Polda Riau.

Sedangkan posisinya sebagai Kapolsek Limapuluh digantikan oleh Kompol Kari Amsah Ritonga SH SIK yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolsek Tampan.

Baca Juga :   Masyarakat Penaga Optimis Apri-Roby Bawa Bintan Maju

Kemudian, untuk posisi Kapolsek Tampan yang baru dipercayakan kepada AKP Kiper Lumban Toruan SH SIK yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolsek Rumbai.

Untuk Kapolsek Rumbai dipercayakan kepada Iptu Viola Dwi Anggreni SIK yang sebelumnya merupakan Panit V Subdit I Ditintelkam Polda Riau.

Jabatan Kapolsek berikutnya dilakukan pergantian pada Kapolsek Bukit Raya Kompol Pribadi SH mendapat tugas selanjutnya sebagai Kapolsek Tualang. Sedangkan untuk mengisi posisi Kapolsek Bukit Raya dipercayakan kepada Kompol Bainar SH MH selaku pejabat barunya yang sebelumnya bertugas sebagai Kasubagrenmin Ditintelkam Polda Riau.

Mengenai rotasi jabatan ini, Kabid Humas Polda Riau Kombes Pol Sunarto mengatakan, selain untuk memberikan penyegaran bagi anggota, juga dikarenakan adanya beberapa anggota perwira pertama di jajaran Polda Riau di tahun ajaran 2019 ini mendapat kesempatan untuk mengikuti pendidikan Sespimmen Polri.

‘’Ada sebanyak tujuh anggota setingkat perwira pertama (Pama) yang sebelumnya menjabat posisi-posisi seperti Kasat, turut dirotasi karena dalam rangka pendidikan Sespimmen,” ujar Sunarto.