Ternyata Menpar RI Tertarik Melihat Pesatnya Pariwisata Riau

Pekanbaru , cMczone.com — Meng akhiri kunjungan kerjanya di Provinsi Riau baru-baru ini Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya sangat tertarik melihat  pesat nya perkembangan Pariwisata di Provinsi Riau , bahkan Menpar berharap kepada Gubernur Riau dan Dinas Pariwisata untuk mendorong Provinsi Riau memperbanyak event pariwisata berstandar nasional serta meningkatkan pendapatan daerah dan indeks kebahagiaan masyarakat di provinsi berjuluk “bumi lancang kuning” itu.

Lanjut pak Menpar Arief Yahya saat menghadiri Festival Pacu Jalur 2019 di Tepian Narosa, Teluk Kuantan di Kuantan Singingi, Provinsi Riau, Rabu (21/8/2019) menuturkan, semakin banyak event diselenggarakan di sebuah daerah, maka kebahagiaan dan kesejahteraan masyarakat setempat akan semakin meningkat. “Banyak event seperti Festival Pacu Jalur sebelumnya yang masuk daftar Calender of Event (COE) nasional. Mereka memenuhi 2 persyaratan awal, yaitu Creative Value dan Consistency. Namun, itu saja tidaklah cukup. Harus didukung aspek lain agar kesejahteraan masyarakat setempat semakin meningkat.” kata Menpar

Arief.juga menyampaikan, berbagai event seperti Festival Pacu Jalu 2019 harus memenuhi aspek Comercial Value. Artinya, harus ada arus wisatawan mancanegara (wisman) yang masuk. Sebab, kehadiran wisman sangat mendukung perekonomian masyarakat.

Bahkan untuk menaikan Commercial Value, Menpar menegaskan perlunya branding Festival Pacu Jalur yang harus dilakukan secara masif dan kontinyu. Alokasi anggaran untuk event dan branding harus memiliki porsi seimbang atau sama yakni 50 persen banding 50 persen. “Dari slot tersebut, pre-event harus dimaksimalkan hingga 70 persen. Sisanya 20 persen untuk on event, lalu post event diberi alokasi sekitar 10 persen. Sebab, fungsi post event hanya untuk maintenance saja,” katanya.

Untuk Pariwisata Riau, Menpar tidak khawatir dengan Atraksi nya. Ada Budaya (Pacu Jalur, Bakar Tongkang), Alam (Ombak Bono) yang sangat unik.

Baca Juga :   CMCZONE | Berikan Ruang Bagi Pecinta Fotografi

Menpar mengucapkan selamat, wisman ke Riau naik signifikan. Pada Tahun 2018 sebesar 146.935 wisman atau naik 43,1 persen dari Tahun 2017 yang hanya 102.645 wisman.

Selain itu, Menpar juga memberikan selamat, Riau sudah menjadi TOP 3 Wisata Halal di Indonesia. Dulu tidak masuk perhitungan, sekarang menjadi salah satu yang terbaik menjadi  ” ” Pariwisata  Berstandar  Nasional “”

Mengakhiri bincang-bincang nya Menpar juga memberikan nila Plus bagi kepala Dinas Pariwisata Provinsi Riau yang telah berupaya bekerja semaksimal mungkin untuk mengali fotensi pariwisata Riau di 12 kabupaten kota yang ada . Bahkan dari tingkat pencapaikan kerja dan hasil pencapaian kerja nya selama ini , Provinsi Riau dapat menaikkan PAD daerah sampai 52 persen , itu artinya kerja kepala dinas Pariwisata sudah maksimal , puji pak Menpar .