Tahun Depan, Produksi TBO Sawahlunto Ditargetkan 350 Ribu Ton

SAWAHLUNTO, CMCZONE.COM– Tambang Batubara Ombilin (TBO) di Sawahlunto akan berproduksi lagi di 2020 mendatang. Direncanakan produksi sekitar 350 ribu ton per tahun.

“Meski masa depan Tambang Ombilin ada di underground mining (tambang bawah tanah-red), tapi kita masih punya cadang sedikit di penambangan terbuka di Kawasan Langkok,” kata General Manajer (GM) PT Bukit Asam Unit Pertambangan Ombilin, Nan Budiman, Kamis (17/10).

Ia mengatakan, cadangan batubara yang bisa ditambang 1,3 juta ton. Sebagian batubara di Langkok pernah ditambang penambangan rakyat, tapi batubara di lapisan A. PT Bukit Asam, nanti akan menambang batubara lapisan B dan C.

Baca Juga :   292 Anak Terima Manfaat JKK dan JKM, Ansar Ahmad : Ini Pola Bantuan yang Sangat Tepat

Dikemukakan general manajer, sekarang problemnya masalah ulayat. Areal yang akan ditambang, masuk Nagari Sijantang atau Nagari Kolok. Bulan depan PT Bukit Asam akan melakukan pengukuran untuk memastikan areal akan ditambang di salah satu ulayat itu.

“Secara teknis, kami sudah siap. Tiga tahun di tambang terbuka dan sisanya dilanjutkan di penambangan bawah tanah. Akhir semester pertama sudah keluar batubara,” ujar Nan Budiman diwartakan topsatu.com. (ryn/ifr)