Wabup Taput ” Drs Nikson Nababan MSi , Tim Ahli USU Dan Bappeda Silahturahmi Kekampus UIN Suska Riau .

Pekanbaru ( cMczone.com )  Bupati Tapanuli Utara (Taput), Drs Nikson Nababan Msi, diwakili Wakil Bupati Taput, Sarlandy Hutabarat SH, didampingi tim ahli dari Universitas Sumatera Utara (USU) dan Bappeda Taput, melakukan kunjungan ke Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Syarif Kasim (Suska) Provinsi Riau, di Pekanbaru, Rabu (6/11).

Kunjungan Wakil Bupati Taput beserta rombongan dalam rangka menggali informasi tentang proses transformasi (perubahan status) IAIN Riau menjadi UIN Suska Riau itu, disambut Rektor UIN Suska Riau, Prof Dr H Ahmad Mujahidin Sag Mag.

Wakil Bupati Taput, Sarlandy Hutabarat SH, menyampaikan bahwa kunjungan tersebut dilakukan terkait adanya rencana Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Taput dalam hal pendirian Universitas Negeri.

Baca Juga :   Safari Subuh: Ansar Ahmad Serahkan Hibah 3 Unit Mobil Ambulance

Saat ini terangnya, di Provinsi Sumatera Utara (Provsu) hanya ada 3 Universitas Negeri yang berada di Ibukota provinsi. Menurutnya, tingkat kebutuhan terhadap keberadaan Universitas Negeri di Tapanuli Raya sangat tinggi. Hal ini dapat dilihat dari jumlah pelajar lulusan SMA sederajat yang melanjutkan pendidikan tinggi diluar daerah yang menyebabkan biaya pendidikan menjadi lebih mahal, terangnya.

“Selain untuk peningkatan sumber daya manusia, kami berkeyakinan, dengan adanya Universitas Negeri, kedepannya akan memberikan multi efek, diantaranya uang tidak akan banyak keluar, termasuk juga untuk peningkatan wisatawan domestik yang akan berkunjung ke kawasan Danau Toba. Semoga kunjungan ini menjadi modal berharga dalam mempercepat cita-cita kami,” ucap Wabup Sarlandy Hutabarat.

Baca Juga :   Gunakan Fasilitas Negara, Pesta Nikah Adik Ipar Camat Mandau Disoroti Masyarakat ?

Sementara, Rektor UIN Suska Riau, Ahmad Mujahidin, menjelaskan bahwa perubahan status membawa keuntungan yang sangat banyak, bukan hanya dari jumlah mahasiswa, namun juga bagaimana pada akhirnya mampu membuka lapangan kerja baru bagi masyarakat sekitar.

“Kami mendukung atas niat baik Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara untuk mewujudkan berdirinya Universitas Negeri diwilayah Tapanuli demi kemajuan masyarakat secara umum,” ucap Rektor Ahmad Mujahidin mengakhiri.