Ojek Wanita Menjamur di Padang Panjang, Masri Edwar: Pemko Jangan Tutup Mata

MASRI EDWAR

PADANGPANJANG, CMCZONE.COM– Menjamurnya keberadaan ojek wanita di Kota Padang Panjang, sepertinya bukan lagi menjadi pemandangan baru. Hampir di setiap pangkalan ojek di sesudut kawasan Pasar Padang Panjang, para ojeker wanita ini bisa dijumpai.

“Fenomena ini harus menjadi perhatian Pemko Padang Panjang. Berkembangnya ojek wanita, harus dilihat sebagai sebuah permasalahan sosial baru di daerah ini. Pemerintah jangan tutup mata,” kata Ketua LPM Kecamatan Padang Panjang Barat, Masri Edwar kepada wartawan, Kamis (14/11).

Keberadaan kaum perempuan yang berprofesi sebagai tukang ojek kata Masri, merupakan salah satu dampak dari semakin besarnya himpitan dan beban perekonomian keluarga. “Ini pasti berkorelasi dengan masalah ekonomi. Pemerintah punya kewajiban untuk mencarikan solusi,” tandasnya.

Baca Juga :   Tak Ada Sebab, Kades Teratak Berhentikan RT Sepihak ?

Kondisi yang memaksa perempuan untuk berprofesi menjadi tukang ojek ini sebutnya, merupakan sebuah realita kehidupan baru di Kota Serambi Mekkah. Artinya, dibutuhkan perhatian pemerintah dalam menyikapi dan mencarikan solusi cepat untuk persoalan ini.

“Pemerintah punya tanggung jawab terhadap pemberdayaan perempuan. Banyak program-program yang bisa diberdayakan pemerintah melalui OPD terkait, jika menganggap serius persoalan ini,” sebut Masri Edwar.

Senada dengan Masri Edwar, salah seorang pengurus ojek di Padang Panjang, Rahmad mengatakan, pihaknya juga mengharapkan adanya perhatian serius dari pemerintah daerah.

“Terlalu besar resikonya bagi seorang wanita. Namanya juga di jalanan. Dari sisi keamanan, pun keaelamatan. Namun dari banyak alasan mereka (perempuan) yang melirik dan akhirnya menyandang profesi ini, adalah beban ekonomi,” ujar Rahmad. (ifz)

Baca Juga :   Dinkes Kota Pekanbaru Data 672 Depot Air Minum Terdata

 

Sumber Blogsport.com