Kompolnas : Tantangan Tugas Polairud Semakin Berat, Harus Diperkuat

Jakarta ( cMczone.com ) Di hari ulang tahun (HUT) ke-69 Polisi Air dan Udara ( Polairud), Komisioner Kompolnas RI Dede Farhan Aulawi, Rabu (4/12/2019) menyatakan bahwa tantangan tugas Polairud akan semakin berat, sehingga keberadaannya harus diperkuat. Baik dari sisi anggaran, SDM, maupun sarana dan prasarananya. Tegas Dede.

” Tak lupa seluruh Komisioner Kompolnas dan jajaran, mengucapkan selamat ulang tahun kepada semua personel Polairud. Semoga di HUT yang ke – 69 ini, Polairud semakin jaya dan sukses dalam mengemban setiap tugas “, ungkap Dede.

Selanjutnya Dede mengatakan bahwa sejak berdiri pada 1950, Polairud telah menunjukkan prestasi yang membanggakan.

Baca Juga :   H.M.Gunawan: Appraisal Sangat Menunjang Program Perbumma Adat Nusantara

Setelah penyerahan dokumen aksesi konvensi internasional di sidang IMO pada 29 November 2019 yang lalu, ada 3 point besar yang terkait peran Polairud. Pertama, kesiapan dalam menjaga keamanan laut, baik yang bersifat pencegahan maupun penegakan hukum. Kedua, kesiapan dalam melakukan upaya – upaya peningkatan keselamatan pelayaran, baik kapal barang maupun kapal orang. Termasuk kesiapan dan kecukupan pemenuhan kualifikasi personilnya sesuai dengan International Safety Maritime (ISM). Ketiga, menjaga kemungkinan terjadinya pencemaran lingkungan di laut, misalnya mencegah tumpahan minyak, penangkapan ikan dengan menggunakan bom ikan, dan lain – lain. Jelas Dede.

Oleh karena itu karena tugas yang diemban Polairud semakin berat, maka harus didukung oleh anggaran, SDM dan sarpras yang memadai. Untuk itulah, Kompolnas terus mendukung berbagai upaya untuk memperkuat Polairud. Pungkas Dede.