Anambas, Natuna dan Bintan Kabupaten Terbaik Dalam kinerja Pencairan Dana Desa

Tanjungpinang, (cMczone.com)- Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) dengan tema “Koordinasi Evaluasi Pelaksanaan DAK Fisik dan Dana Desa Tahun 2019 dan Persiapan Pelaksanaan DAK Fisik, DAK non Fisik dan Dana Desa Tahun 2020” bertempat di Kantor Wilayah Direktorat Jenderal (Kanwil Ditjen) Perbendaharaan Provinsi Kepri, Selasa (3/3/2020).

Kegiatan tersebut dibuka secara langsung oleh Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Kepri H. TS Arif Fadillah.

Sebelumnya Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Kepri, Heru Pudyo Nugroho, memaparkan realisasi penggunaan Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik dan dana desa Tahun 2019.

Pada Rapat Koordinasi (Rakor) evaluasi ini, disampaikan juga penghargaan kepada kabupaten/kota dengan kinerja terbaik dalam penggunaan DAK fisik, yaitu:

  1. Kabupaten Lingga.
  2. Kabupaten Bintan.
  3. Kota Tanjungpinang.
Baca Juga :   Kapolres Muaro Jambi Adakan Silaturahmi ke Pondok Pasantren Hidayatulah

Sedangkan penghargaan untuk kabupaten terbaik dalam kinerja pencairan dana desa adalah:

  1. Kabupaten Kepulauan Anambas.
  2. Kabupaten Natuna.
  3. Kabupaten Bintan.

Untuk narasumber kegiatan Rakor adalah:

  1. Drs. H. Sardison, M.TP (Kadis PMD dan DukCapil Provinsi Kepri).
  2. Dr. Aries Fhariandi, M.Si (Karo Pembangunan Provinsi Kepri).
  3. Haryando Anil, ST, MT (Kepala Seksi Pelaksanaan Anggaran IV B Direktorat PA, Ditjen Perbendaharaan, Kementerian Keuangan).

Sebagai salah satu narasumber, Kepala Dinas (Kadis) Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Kependudukan Catatan Sipil (PMD-DukCapil) Provinsi Kepri, Drs. H. Sardison, M.TP dalam materinya menyampaikan, bahwa pada Tahun 2020 ini, pencairan dana desa dibagai menjadi 3 tahap, yaitu 40%, 40% dan 20%.

Tetapi sesuai dengan PMK 205 Tahun 2019 Kabupaten Natuna dan Kabupaten Kepulauan Anambas mendapatkan reward kategori Pemerintah Daerah (Pemda) terbaik sehingga mendapatkan system pencairan 60% dan 40%.

Baca Juga :   Kasal Warga Kehormatan Korps Marinir TNI-AL ke-39

“Dan ini merupakan prestasi yang sangat luar biasa, apalagi untuk Kabupaten Natuna pencairan tahap I (60%) sudah dicairkan dan disalurkan ke kas desa pada bulan Januari 2020,” ujar Sardison.

Laporan: Budi Adriansyah/PMD-DukCapil Kepri