Camp Pengungsi Vietnam Akan Dibangun Rumah Sakit Khusus Infeksi Menular

BATAM, (cmczone.com) – Pelaksana tugas (Plt) Gubernur Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) H. Isdianto, yakin rencana pemerintah membangun rumah sakit di Pulau Galang,Kota Batam, Provinsi Kepri, akan memberi banyak manfaat untuk Kepri.

Kebijakan pemerintah pusat ini diharapkan berkesinambungan, sehingga keberadaan rumah sakit ini benar-benar bermanfaat ke depannya.

“Kita harap berkesinambungan. Karena dari kehadiran rumah sakit ini, kita akan memiliki Sumber Daya Manusia (SDM) dan peralatan canggih yang disediakan pemerintah pusat. Demikian juga dengan penganggarannya,” kata Isdianto, Rabu (4/3/2020).

Isdianto menghimbau masyarakat, untuk sama-sama mendukung pembangunan rumah sakit ini. Karena rumah sakit ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan pada saat ini maupun masa yang akan datang

Baca Juga :   Kementrian LHK Mengunjungi Petani Kopi Di Dapil IV Merangin

Isdianto mendapat laporan dari Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Provinsi Kepri Tjetjep Yudiana, bahwa pembangunan rumah sakit akan dilakukan segera, dan hanya membutuhkan waktu sekitar 1 bulan. Rumah sakit itu memiliki kapasitas 1000 tempat tidur dan 50 ruang isolasi bertekanan negatif.

Isdianto pun melihat manfaat ke depan dari keberadaan rumah sakit ini. Provinsi Kepri dipastikan akan memiliki sebuah rumah sakit khusus penyakit infeksi.

Selama ini, disemua rumah sakit penderita penyakit menular bergabung dengan penderita penyakit tidak menular. Keadaan ini membuat sangat terbuka untuk terjadinya infeksi nosokomial yaitu penularan yang terjadi di sebuah rumah sakit.

Dalam catatan Dinas Kesehatan Provinsi Kepri,  saat ini penyakit-penyakit menular di Negeri Segantang Lada ini antara lain TBC, TBC MDR, Hepatitis, Pneumonia, Saluran pencernaan, Typhus, DBD, Malaria.

Baca Juga :   Usai Konsolidasi Organisasi FPII Inhil Agendakan Dialog dengan Pemda

Menurut Isdianto, sebagai wilayah yang bertetangga langsung dengan beberapa negara, Provinsi Kepri juga sangat terbuka untuk terjadinya penularan penyakit emerging deseases dan new emerging deseases. Dan saat ini sedang mewabah adalah covid-19. Sebelumnya pernah ada penyakit SARS, Flu Burung, Ebola, Virus Zika.

Di hari yang sama, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto bersama Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono hadir di Kota Batam untuk meninjau dan memastikan pembangunan rumah sakit itu.

Sementara, fokus rumah sakit itu adalah untuk infeksi menular. Pasalnya, saat ini kasus yang sedang mewabah adalah penyakit covid-19 atau corona virus.

Lokasi yang ditinjau Panglima dan Menteri PUPR adalah kawasan camp pengungsi Vietnam di Pulau Galang. Tepatnya di lokasi rumah sakit camp Galang, yang saat ini kondisinya sudah rusak.

Baca Juga :   Minimnya Guru PNS di SDN 002 Gunung Sahilan, Ini Tanggapan Kadisdikpora Kampar

Laporan: Budi Adriansyah/MC Kepri