“Silek Camp Festival” Nagari Singgalang, Ambun Sakaki Tampil Memukau

KETUA Umum Perguruan Silek Ambun Sakaki Kota Padang, Alifizal (dua kanan) bersama para pesilat dalam suatu kesempatan acara beberapa waktu lalu. DOK

TANAHDATAR, CMCZONE.COM– Nagari Singgalang, Kecamatan X Koto, Kabupaten Tanah Datar, menggelar “Silek Camp Festival” sepanjang Sabtu (7/3) hingga Minggu (8/3). Perguruan Silek Ambun Sakaki Kota Padang, tampil memukau di acara yang diikuti lebih dari 300 pesilat se Sumbar itu.

Wakil Bupati Tanah Datar Zuldafri Darma yang hadir dalam kegiatan tersebut mengatakan, “Silek Camp Festival” bisa menjadi wadah positif bagi generasi muda untuk terhindar dari kegiatan negatif.

“Tradisi silek mempunyai banyak manfaat. Mari kita lestarikan dan dukung kegiatan di Singgalang ini. Semoga selanjutnya ada nagari lain di Tanah Datar lakukan kegiatan serupa,” ujar Zuldafri.

Baca Juga :   Peduli Covid-19 : Lanudal Tanjungpinang Terima Bantuan Alkes dari BPBD Provinsi Kepri

Dalam acara pembukaan yang digelar di Lapangan Sepak Bola Gantiang, Nagari Singgalang Kecamatan X Koto, Sabtu, (7/3/2020) tersebut, diberikan gelar kehormatan Pandeka Rajo Nan Sati kepada Kapolres Padang Panjang AKBP. Sugeng Haryadi. Pemberian gelar kehormatan di nagari yang berada dalam wilayah hukum Polres Padang Panjang ini diberikan Tengku Irwansyah Dt. Katumangguangan Pucuak Bulek Alam Minangkabau.

Wabup beharap setelah pemberian gelar tersebut semakin meningkatkan kekerabatan dan kekeluargaan. “Karena dengan sendirinya, Kapolres sudah menjadi bagian masyarakat Minangkabau, khususnya Nagari Singgalang,” katanya.

Pelaksana kegiatan Nelson Dt. Barbangso menyampaikan, kegiatan tersebut diikuti 300 orang. “Silek Camp Festival ini baru pertama dilaksanakan. Bertujuan menumbuhkembangkan seni tradisi silek bagi generasi muda kita, khususnya di nagari Singgalang dan Sumbar pada umumnya,” ujar Dt. Barbangso.

Baca Juga :   Kecelakaan Bus Akap Sambodo Rute Padang – Jakarta, 4 Meninggal Dunia Di Lokasi Kejadian

Di samping itu, menurutnya, kegiatan ini juga diharapkan bisa mempromosikan potensi wisata di nagari Singgalang. “Kita mempunyai potensi wisata seperti Batang Aie Duo yang aliran airnya menuju air terjun Lembah Anai. Kemudian puncak Sikadunduang yang dinamakan puncak negeri atas awan,” kata Dt. Barbangso.

Ketua Umum Perguruan Silek Ambun Sakaki Kota Padang, Alifizal mengatakan, pada acara “Silek Camp Festival”, Ambun Sakaki menurunkan empat orang pesilat tangguhnya. Alifizal menyebut, kegiatan ini merupakan wadah bagi para pesilat untuk mengembangkan potensi dan segenap kemampuan diri.

“Alhamdulillah, kita bangga bisa tampil di acara yang cukup bergengsi ini. Terpenting adalah anak-abak bisa menunjukkan bakat dan kemampuan mereka di depan orang banyak,” ujar Alifizal didampingi pelatih Safar dan pengurus harian Dodi Masputra, Aciak dan lainnya. RYAN SYAIR