Kepri dan Johor (Malaysia) Tingkatkan Kerja Sama Disegala Bidang

Pelaksana tugas (Plt) Gubernur Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), H. Isdianto, melakukan Kunjungan Hormat Gubernur Kepri ke Negeri Johor, di Bilik Mesyuarat Utama, Aras 3, Bangunan Dato Jaafar Muhammad, Johor Bahru, Malaysia, Kamis (12/3/2020) (Dok: hms Kepri)

TANJUNGPINANG, (cmczone.com) – Pelaksana tugas (Plt) Gubernur Provinsi Kepulauan (Kepri) H. Isdianto mengatakan, kerja sama Kepri dan Johor harus terus ditingkatkan. Kepri dan Johor bisa bahu membahu untuk meningkatkan perekonomian kedua kawasan.

“Kita bisa terus meningkatkan kerja sama dalam segala bidang. Untuk menggerakkan ekonomi bergairah di Kepri dan Johor,” kata Isdianto usai melakukam Kunjungan Hormat Gubernur Kepri ke Negeri Johor, di Bilik Mesyuarat Utama, Aras 3, Bangunan Dato Jaafar Muhammad, Johor Bahru, Malaysia, Kamis (12/3/2020).

Isdianto, yang didampingi Ketua TP PKK Kepri, Hj Rosmeri Isdianto mengatakan, banyak sektor yang bisa terus ditingkatkan kerja samanya. Baik ekonomi, sosial budaya maupun perbatasan. Apalagi kini Kelompok Kerja Sosek Malindo (Sosial Ekonomi Malaysia Indonesia) terus memperkuat kerja sama itu. Dalam 18 kali pertemuan, sudah banyak yang dibicarakan dan disepakati kedua negara.

Baca Juga :   Pengcab ESI Kuansing Sukses Gelar Seleksi Mobile Legend, Vipers Esport Keluar Sebagai Pemenang

Untuk Kepri, Isdianto menekankan peningkatan kerja sama di sektor perhubungan. Salah satunya kapal Roro Tanjungpinang-Johor segera terealisasi. Apalagi dukungan Kementerian Perhubungan agar daerah mencari solusi dan inovasi terbaik untuk meningkatkan kemajuan daerah sangat kuat.

Dalam kunjungan itu, turut hadir tokoh sentral pembentukan Provinsi Kepri H Huzrin Hood. Hadir juga Tenaga Ahli Gubernur H Saidul Khudri dan H Herizal Hood. Beberapa Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), seperti Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Kadisperindag) Burhanuddin, Kadis Pertanian Ahmad Izhar dan Kepala Biro (Karo) Kesra H Aiyub tampak dalam pertemuan itu.

Dari Negeri Johor, Isdianto diterima YB Datuk Haji Samsolbahri Bin Jamali, Exco Pertanian, Indistri Asa Tani dan Kemajuan Luar Bandar. Hadir juga YB Tuan Haji Mazlan Bin Bujang, Exco Pendidikan, Penerangan, warisan dan Budaya, dan YB Dato’ Dr. Haji Badrul Hisham Bin Kassim Timbalan Setiausaha Kerajaan Johor.

Baca Juga :   Satu Hari Penuh Ikuti Kegiatan, Mantan Bupati Bintan Dua Periode Ini Tetap Segar

Isdianto merasakan keakraban dan keramahan saat tiba di Putri Harbour hingga kepulangan ke Tanjung Balai Karimun, sempena penutupan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Kabupaten Karimun. Karena itu, Isdianto mengundang Menteri Besar Johor dan Exconya untuk hadir ke Kota Tanjungpinang.

“Kami ni macam balek kampung, jika berkunjung ke Johor ini. April nanti kami menyelenggarakan MTQ Provinsi di Tanjungpinang, kami menjemput kehadiran MB ke Kepri,” kata Isdianto.

Datuk Samsol Bahri mengatakan, Johor dan Kepri memang sangat dekat secara kekeluargaan. Karena itu hubungan yang sudah baik ini diikuti dengan peningkatan hubungan sektor lainnya.

“Diharapkan ada kerjasama di bidang lainnya, seperti industri,” kata Samsol.

Samsol menegaskan, Johor dan Kepri harus saling melengkapi satu sama lain. Yang prioritas harus secepatnya diselesaikan.

Baca Juga :   Restorasi Lingkungan Hijau Tanyakan Kinerja DLH Tanjab Timur, Masih Di Ragukan

“Sesuai dengan diungkapkan Pak Governor, mungkin roro adalah yang prioritas saat ini. Tetapi apa yang sudah dilakukan dan terjalin kerjasama selama ini tetap harus dilanjutkan. Ibarat kita dalam keluarga, jika ada kue, kita harus saling berbagi,” kata Samsol.

Konsul Jenderal Republik Indonesia untuk wilayah Johor, Melaka, Negeri Sembilan, dan Pahang, Sunarko, yang hadir dalam pertemuan itu mengatakan, sangat mendukung dan mendorong tiap daerah untuk peningkatan kerja sama ekonomi. Apalagi untuk kawasan yang sudah sangat akrab seperti Johor dan Kepri.

“Banyak kegiatan ekonomi akan bergerak dari pertemuan dan kunjungan-kunjungan seperti ini,” kata Sunarko.

Editor: Budi Adriansyah

Sumber: hms Kepri