Antisipasi Covid-19, Seluruh Personil Polres Tanjungpinang Mendadak dikumpulkan

Tanjungpinang, (cMczone.com) – Sebanyak kurang lebih 400 personil, termasuk Perwira dan Brigadir dikumpulkan tanpa ada instruksi dan dilakukan secara tiba-tiba di Markas Komando (Mako) Kepolisian Resor (Polres) Tanjungpinang, Senin (16/3/2020) malam. Kecuali yang sedang melaksanakan tugas kedinasan. Hal tersebut dilakukan untuk pengecekan suhu tubuh.

Kegiatan mendadak tersebut dipimpin langsung oleh Waki Kepala (Waka) Polres Tanjungpinang Kompol Agung Gima Sunarya, SIK.

Gima menyampaikan, bahwa kegiatan yang dilaksanakan ini, atas arahan langsung dari Kapolres Tanjungpinang, AKBP Muhammad Iqbal, SH, SIK, M.Si.

“Dan seperti yang diketahui, bahwa virus Corona sudah mewabah dimana-mana, oleh karena itu dilaksanakan langkah-langkah antisipasi khususnya bagi personil Polres Tanjungpinang,” kata Gima.

Baca Juga :   Wako Diminta Lantik Pejabat Eselon III & IV

Telah disiapkan, lanjut Gima, alat untuk mengukur suhu tubuh/thermogun. Bagi Personil akan dilaksanakan pengecekan satu persatu, untuk itu setiap personil dapat melaksanakannya dengan tertib dan bergantian, bila ada anggota yang suhu tubuhnya tinggi agar Urusan Kesehatan (Urkes) langsung melakukan perawatan, bila perlu langsung lakukan tindakan isolasi.

“Segera lengkapi setiap ruang pelayanan dengan thermogun dan hand sanitizer, serta berikan penyampaian yang baik kepada masyarakat yang datang, agar setelah selesai memegang sesuatu untuk menggunakan hand sanitizer sebagai sterilisasi tangan,” ujar Gima.

Gima meminta, untuk mulai dibiasakan tata cara salaman atau silaturahmi yang baik, dengan cara tidak melakukan sentuhan langsung namun dengan menunduk dan memberi salam penuh hormat.

Baca Juga :   H.Suyatno, A.Mp | Tingkatkan Ketaqwaan, Kampung Ramadhan layak dilaksanakan disetiap Kecamatan 

“Telah terbitnya kebijakan pemerintah terkait masa libur sekolah atau melakukan aktivitas belajar mengajar di rumah sampai waktu yang ditentukan. Hal ini perlu peran aktif kita untuk memberikan sosialisasi kepada masyarakat bahwa libur yang diberikan bukan berarti melaksanakan liburan dengan melakukan perjalanan ke luar kota atau mengunjungi tempat-tempat wisata,” jelas Gima.

Gima menambahkan, bahwa libur yang diberikan ini, agar setiap orang menahan diri untuk sedapat mungkin tidak melakukan aktivitas di luar rumah. Dengan begitu akan dapat dideteksi dan membatasi serta memutus mata rantai penyebaran virus Corona.

Usai mendengarkan sambutan dari Wakapolres, dilakukan pemeriksaan suhu tubuh setiap personil dan diperoleh hasil, bahwa suhu tubuh rata-rata Personil paling rendah 35,7 °C dan paling tinggi 36,8 °C. Tidak ditemukan personil yang terindikasi terpapar Covid-19.

Baca Juga :   Dibarengi Cek Posko, Wakapolres Tanjungpinang Bagi-Bagi Takjil Buka Puasa

Editor: Budi Adriansyah

Sumber: hms Polres Tanjungpinang