Cegah Covid-19, Lapas Kelas II A Batam Disemprot Disinfektan

Batam, (cMczone.com) – Subden KBR (Kimia Biologi Radioaktif) Satbrimob Polda Kepri kembali melakukan bantuan pelayanan penyemprotan cairan disinfektan untuk membantu pencegahan penyebaran Coronavirus atau Covid-19 di Lapas Kelas II A Batam yang terletak di Jalan Trans Barelang KM 1 Kelurahan Tembesi, Kecamatan Sagulung, Kota Batam, Kamis (19/3/2020).

Kegiatan penyemprotan disinfektan tersebut dipimpin langsung oleh Kasubden KBR (Kimia Biologi Radioaktif) Detasemen Gegana Satbrimob Polda Kepri, AKP ZAC Tamba, SH.

Sementara 10 personel lainnya yang tergabung dalam Tim KBR melaksanakan tugas untuk melakukan penyemprotan pada tempat-tempat dan ruangan-ruangan yang sering terjadi kontak oleh banyak orang, terlebih pada lokasi yang banyak menjadi pusat kegiatan para penghuni Lapas Kelas II A Batam.

Beberapa tempat yang dituju sebagai lokasi sasaran penting yang perlu dilakukan penyemprotan cairan disinfektan antara lain, 73 kamar, 3 rumah ibadah, 1 aula besar, 1 gedung utama, 1 ruang klinik, ruang workshop dan 1 ruang loket pelayanan beserta fasilitas-fasilitas lainnya seperti toilet dan kamar mandi yang memang dipergunakan secara bersama-sama dan bergantian oleh masyarakat sipil yang berada di Lapas Kelas II A Batam.

Baca Juga :   Kegiatan STIA Campus Muara Bungo didesa Tuo Kec.Lembah Masurai

Kedatangan Subden KBR (Kimia Biologi Radioaktif) Detasemen Gegana Satbrimob Polda Kepri disambut dengan hangat dan sangat baik oleh pihak pimpinan dan anggota dari Lapas Kelas IIA Batam.

Selain bertujuan untuk berkoordinasi dan berkolaborasi dalam memberikan bantuan pelayanan penyemprotan disinfektan, pihak dari Satbrimob Polda Kepri dan Lapas Kelas II A Batam juga bersinergitas dalam rangka menjaga tali silaturahim yang selama ini sudah terjalin dengan sangat baik, sehingga antara keduanya mampu menjalin komunikasi yang lancar dalam segala hal.

Pasca pelaksanaan kegiatan penyemprotan disinfektan di Lingkungan Lapas Kelas IIA Batam, Dansat Brimob Polda Kepri Kombes Mohamad Rendra Salipu, SIK, M.Si melalui AKP Z.A.C. Tamba, SH, selaku Kasubden KBR (Kimia Biologi Radioaktif) Detasemen Satbrimob Polda Kepri mengatakan, bahwa Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk sinergitas dengan instansi luar, salah satunya terkait upaya pencegahan sebagai pemutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Baca Juga :   Pastikan Stok Bahan Pokok Aman Jelang Ramadhan, Ansar Ahmad Tinjau Pasar

“Dasar dari pada kegiatan penyemprotan ini yaitu diawali dari surat permohonan bantuan penyemprotan disinfektan oleh Pihak Lapas Kelas IIA Batam kepada Satbrimob Polda Kepri yang ditujukan untuk Subden KBR,” ujar Tamba.

Kemudian, lanjut Tamba, surat permohonan tersebut segera kami tanggapi dan di respon dengan cepat sehingga hari ini pelaksanaannya dapat kami lakukan dengan segera. Selain Lapas Kelas IIA Batam, sebelumnya kami juga sudah melakukan bantuan penyemprotan cairan disinfektan ini di beberapa Lokasi yaitu di Kantor Kelurahan Bukit Tempayan, Gedung Samsat, Mapolda, Yonif Raider Khusus 136/TS, termasuk di lingkungan Satbrimob sendiri dan hari ini di Lapas Kelas IIA Batam, sedangkan besok jadwal penyemprotan Desinfektan adalah ke Rutan yang berada tepat dibelakang Lapas.

Baca Juga :   Lepas Jalan Sehat Bersama BUMN , Bupati apresiasi antuasias masyarakat penting nya kesehatan.

“Kami mengucapkan Terimakasih Kepada Satbrimob Polda Kepri Khususnya Tim dari Subden KBR Detasemen Gegana atas dedikasinya dalam melakukan pelayanan kepada masyarakat khususnya dalam tindakan dan respon cepat dalam menanggapi upaya pencegahan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 yang saat ini mulai merebak ke tanah air,” ujar Kepala Lapas Kelas II A Batam, Misbahuddin.

Misbahuddin menambahkan, bahwa perlu diupayakan pencegahan penyebaran sejak dini sebelum terlambat. Terlebih lagi Lapas merupakan tempat berkumpulnya banyak orang dari berbagai kalangan yang tentunya punya berbagai riwayat kesehatan.

“Bantuan dari Brimob hari ini sangat membantu instansi kami, sekali lagi kami ucapkan terimakasih” Ujar Misbahuddin.

Editor: Budi Adriansyah

Laporan: Tim/Donny