Pangkas Kegiatan OPD, Pemkab Natuna Siapkan Rp.15 Milyar Untuk Cegah Covid-19

Natuna, (cMczone.com) – Pemerintah Kabupaten Natuna menyiapkan anggaran Rp.15 miliar untuk penanggulangan dan pencegahan Virus Corona (Covid-19).

Dana tersebut diharapkan mampu mencukupi kebutuhan Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 hingga lima bulan kedepan.

“Dana Rp.15 miliar itu diperoleh setelah melalui rapat internal dengan sejumlah pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan menyepakati dilakukan pemangkasan anggaran kegiatan disetiap OPD, seperti perjalanan dinas dan kegiatan seremonial,” ungkap Bupati Natuna, Drs. H. Abdul Hamid Rizal, M.Si, Selasa (24/3/2020).

Tidak hanya itu, Hamid juga menyebutkan, bahwa anggaran tersebut merupakan bentuk tanggungjawab Pemerintah Daerah, diperoleh dari penarikan penyertaan modal kepada Bank Riau, sehingga pelaksanaan pencegahan Covid-19 dapat lebih maksimal.

Baca Juga :   Mantan Sekda Pessel Drs Khairul Beri Peryataan Terkait Polemik Fasum Muara Gadang Air Haji

Hamid melanjutkan, bahwa dana yang tersedia nantinya akan dialokasikan untuk memberikan insentif kepada petugas medis, baik dokter, perawat serta pihak yang terlibat dalam penanganan pasien Covid-19.

Namun, untuk mengoptimalkan upaya penanganan kondisi ini, Hamid juga mengajak seluruh masyarakat untuk perbanyak ibadah dan berdo’a, agar Natuna dihindari dari Covid-19, menerapkan pola hidup bersih dan sehat, menghindari tempat keramaian serta mengurangi aktivitas di luar rumah jika tidak ada hal yang bersifat mendesak.

Selanjutnya, Hamid beserta Ketua Forum Kabupaten Sehat, Nurhayati, didampingi beberapa pimpinan OPD juga meninjau beberapa fasilitas kesehatan (RSUD dan Puskesmas Desa Tanjung, Kecamatan Bunguran Timur Laut, untuk melihat secara langsung kesiapan fasilitas maupun kesiapan aparatur medis yang bertugas untuk mendukung pelaksanaan penanganan Covid-19 di Kabupaten Natuna.

Baca Juga :   Pimpinan Komite 4 DPD RI Terima Audiensi PPWI Bangka Belitung

Editor: Budi Adriansyah

Sumber: MC Natuna