Coret Fasum dan Tugu, 11 Orang Oknum Pelajar Diamankan Polisi

Tanjungpinang, Kepri (cMczone.com) – Kepolisian Resor (Polres) Tanjungpinang, mengamankan 6 unit kendaraan bermotor roda 2, dan 11 orang siswa, yang melakukan aksi konvoi, saat pengumuman kelulusan tingkat SMA sederajat, Sabtu (2/5/2020) malam.

11 orang siswa tersebut, yaitu RE, DR, WW, MR, HD, NS, WT, RH, AT, YA dan AA berasal dari SMA dan SMK yang ada di Kota Tanjungpinang.

Dari 11 orang siswa tersebut, 2 orang siswa, yaitu YA dan AA, melakukan aksi kurang terpuji, dengan mencoret fasilitas umum dan Tugu Motivasi Pemuda, yang terletak di pertigaan Jalan Wiratno-Jalan Soekarno Hatta, Kota Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

Baca Juga :   Lebaran Idul Fitri 1442 H Jatuh Pada Hari Kamis 13 Mei 2021

Jajaran Satuan Lalu Lintas Polres Tanjungpinang, yang menerima informasi kejadian tersebut, langsung turun ke lokasi dan berhasil mengamankan belasan siswa, untuk kemudian digiring ke Markas Komando (Mako) Polres Tanjungpinang.

Belasan siswa tersebut, kemudian didata, diberikan pengertian, selanjutnya memanggil pihak orang tua/wali dan membuat surat pernyataan. Dan untuk kendaraan dilakukan penilangan.

Sementara 2 orang siswa yang melakukan aksi mencoret fasilitas umum dan Tugu Motivasi Pemuda, dilakukan tindakan khusus pada hari Minggu (3/5/2020), berupa pelaksanaan pembersihan/pengecatan kembali objek yang telah rusak/kotor akibat ulahnya.

Tidak sampai disitu, Polres Tanjungpinang juga akan berkoordinasi dengan pihak sekolah bersama orang tua/wali dari siswa-siswa yang diamankan tersebut, untuk selanjutnya pihak sekolah dari siswa yang bersangkutan, dapat mengambil langkah lebih lanjut.

Baca Juga :   Ansar Ahmad di Acara Pengantar Tugas Wakapolda Kepri: Sosok Rudi Pranoto Pribadi yang Hangat dan Rendah Hati...

Kapolres Tanjungpinang, AKBP Muhammad Iqbal, SH, SIK, M.Si, menyesalkan kejadian tersebut. Konvoi yang dilakukan oleh siswa ini, merupakan perbuatan yang tidak baik, mengganggu, bahkan beresiko, baik bagi dirinya sendiri, maupun orang lain.

“Sampai melakukan aksi mencoret fasilitas umum, itu merupakan perilaku yang tidak mencerminkan karakteristik seseorang yang berpendidikan,” ujar Iqbal kesal.

Iqbal berharap, Momen kelulusan yang bertepatan dengan peringatan Hari Pendidikan Nasional dan di bulan suci Ramadhan ini, sebaiknya diisi dengan kegiatan positif, berdoa, bersyukur, atau mungkin melaksanakan kegiatan bakti sosial, seperti membagikan Sembako dan lain sebagainya.

“Apalagi saat ini, kita tengah dilanda wabah Covid-19, sungguh disayangkan kejadian seperti ini, yang mana resikonya menjadi berlipat ganda, karena aksi seperti ini yang menyebabkan perkumpulan dan kerumunan massa dapat memicu penularan Covid-19,” kata Iqbal.

Baca Juga :   Masyarakat Mengeluh, Hampir Setiap Minggu Dilanda Banjir

Polres Tanjungpinang, telah berkomitmen, akan melakukan penindakan terkait hal ini, dan hal ini telah dibuktikan dengan menindaklanjuti kejadian ini, serta akan berkoordinasi dengan pihak sekolah, siswa-siswa yang bersangkutan.

Editor: Budi Adriansyah | Sumber: hms Polres Tanjungpinang