Penambangan Batu Andesit di Jorong Lareh Sangat Membantu Ekonomi Masyarakat Kecil Yang Lagi Susah

  • Bagikan

Limapuluh Kota,cMczone.com – Penambangan Batu Andesit di Jorong Lareh Nagari Batu Payuang, tepatnya di Ngalau Ongku Oji ini sangat membantu Ekonomi masyarakat kawasan yang memang sedang susah dimasa Pandemi ini.

 

Penambangan batu andesit tersebut di lakukan atas prakarsa masyarakat itu sekarang sudah di ringankan dengan kehadiran bantuan alat berat, sehingga pekerjaan terberat yakni ” mancukia bukik ” sudah terelakkan, ” sekarang tinggal di bawah bukit saja pekerjaan manual kami kerjakan, dengan sendirinya pendapatan bisa lebih ditingkatkan ” ungkap Sat Koorlap yang di percaya masyarakat.

 

Untuk Legalitas Penambangan Sat sudah berbadan hukum yakni CV.Putra Larsiga.” Saya sudah mengurus izin izin mulai dari Rekomendasi Kantor Wali Nagari, selanjutnya saya sudah daftarkan ke satu pintu Kabupaten 50 Kota untuk IUP nya ” pungkasnya.

 

Baca Juga :   Perhiasan Titanium Berlapis Emas 24k Model Terbaru Dan Murah Di Pekanbaru | Okmart

Selanjutnya Sat menambahkan bahwa ” Hasil Penambangan kalau di rata rata yakni sekira 60 s/d 100 kubik perhari, jadi lebih kurang 15 s/d 25 truk perhari. Tentang rusaknya jalan akibat penambangan itu tidak benar, karena sebelum penambangan jalan memang sudah rusak, malah banyak lobang lobang di jalan itu saya berinisiatif untuk memperbaikinya secara sukarela ” tutup Sat kepada media.

 

” Untuk Kontribusi ke Jorong/ Nagari belum ada perjanjian, tapi kalau diminta saya akan penuhi ” paripurna uraian Sat ke awak media.

 

Wali Jorong Lareh ketika di konfirmasi media, Kamis 15 Juli 2021 ikut mengamini sembari mengatakan: ” Sangat membantu masyarakat saya yang kebanyakan Petani, sekarang mereka ada pilihan pekerjaan lain, sehingga saya meminta kepada pihak CV. Putra Larsiga untuk segera untuk segera menuntaskan Izin izinnya sehingga tempat penambangan kembali kondusif ” ujar Pak Jorong kepada media.

Baca Juga :   Okmart | Otomotif

 

Ketua Bamus Nagari Batu Payuang Dt.Paduko Sati ketika dimintai keterangan oleh media mengatakan : ” Kami sebagai bagian dari Pemerintahan akan selalu mengawasi semua aktifitas yang ada di Nagari termasuk Penambangan di Ngalau Ogku Oji. Terkait Perizinannya Kami bersama Wali Nagari akan selalu meminta Pihak CV untuk segera menuntaskan Izin izinnya ” ungkap Ketua Bamus.

 

Selanjutnya Dt.Paduko Sati mengatakan : ” Sinyalemen yang mengatakan bahwa saya berusaha untuk menghambat Pertambangan itu tidak benar ” pungkasnya.

 

Dari Pantauan Media bahwa Aktifitas Penambangan di beberapa tempat di Kecamatan Lareh Sago Halaban memang menimbulkan efek untung-rugi. Pengurusan Perizinan yang berbelit belit di satu sisi dan Pemanfaatan SDA yang mengundang Potensi Ekonomi Kawasan di sisi lainnya, sehingga para investor dan masyarakat yang membutuhkan pekerjaan mengharapkan Pemangku kebijakan untuk mencari Solusi yang tepat untuk mengatasi permasalahan ini.

  • Bagikan