LiveNews
Berita  

Ritual Atip Komboi Yang Dilaksanakan Pada Lebaran Ke-3 Aidul Fitri Dirokan Hilir

cMczone.com- masyarakat kecamatan kubu/Kuba kabupaten Rokan hilir provinsi Riau, setiap tahunya dan tidak pernah ketinggalan melaksanakan ritual atau disebut dengan tradisi atip kombai yang dilaksanakan pada lebaran ke -3 idul fitri.ritual atip kombai sukses diikuti dan dilaksanakan oleh tokoh agama,tokoh adat, tokoh masyarakat dan masyarakat setempat dan yang uniknya lagi, peserta tradisi ini hanya bagi laki laki masyarakat berdatangan menghadiri acara tersebut pada 4 Mei 2022.

Pada tahun ini,atip KOMBOI makin dikenal dan semakin melonjak dikalangan masyarakat rohill pada umum di provinsi Riau.bahkan event budaya atpi komboi ini sudah tersebar luas di luar provinsi Riau hal ini berkat giatnya promosi yang dilakukan pemerintah daerah dan masyarakat setempat,Afrizal Sintong selaku Bupati Rokan hilir mengatakan, sangat mendukung ritual atip kombai untuk dijadikan Ivent wisata daerah untuk dikembangkan dan dilestarikan.dia mengatakan Iven ini sudah dirilis oleh pemerintah daerah Rohil melalui dinas pariwisata pemuda dan olahraga, masuk kedalam event calendar rohill tahun 2022.

Atib Kombai merupakan ritual menolak bala yang memiliki sejarah tersendiri bagi masyarakat Kubu Dahulunya, tradisi ini dilakukan oleh warga karena adanya wabah penyakit kolera yang belum diketahui obatnya. Masyarakat setempat menyebut kolera dengan sebutan penyakit Ta’un.Penyakit ini sangat menakutkan bagi masyarakat setempat sebab sangat berbahaya dan dianggap sangat membahayakan.

Atas alasan tersebut, para pemuka adat setempat pun melakukan sebuah ritual yang disebut atib koambai, yakni ritual menolak bala dari masyarakat Kubu dan Kuba. Masyarakat dan pemuka adat beratib (berdoa dan berzikir) dengan menggunakan sampan dengan tujuan membuang bala ke arah muara Sungai Kubu. Hal ini dilakukan karena pada masa alat transportasi masyarakat tersebut masih menggunakan jalur perairan yakni sampan.

Dalam rangka untuk menjalankan fungsi membuat viral sebuah event di media online, sehingga penggunaan digital bisa mudah mengakses informasi tersebut.Kabupaten Rokan Hilir juga bisa berperan aktif dan membantu supaya menyebarkan kegiatan tersebut di media online dan offline, untuk mempromosikan wisata khususnya di Rokan Hilir, dan promosi tidaklah dengan memilih-memilah masyarakat dengan mengundang tim GenPI Rohil guna untuk mempromosi wisata. Tujuan mereka (Genpi) adalah mulia, bisa membantu masyarakat tempatan mengenal destinasi wisata, sehingga masyarakat luar kenal berdatangan dan menembus omset ekonomi warga tempatan dikemudian hari.Promosi event sangat bangga dengan adanya putra Kubu/Kuba Hendra Dermawan putra sebagai Bendahara Umum GenPI Rohil, sehingga mudah untuk berkomunikasi membahas promosi wisata daerah.

Penulis: Roimansyah

Exit mobile version