LiveNews
Berita  

Wabup Limapuluh Kota RKN Kembali Sosialisasikan Tanaman Jagung (Pakan) Dihadapan 150 Orang Petani

Cmczone.com- Wabup Limapuluh Kota RKN Kembali sosialisasikan Tanaman Jagung (pakan) dihadapan 150 orang Petani, di gedung AET Travel dibilangan Nagari Sarilamak, Senin 04 Juli 2022.

Dihadapan para petani yang datang dari berbagai Kecamatan di Limapuluh Kota, Wakil Bupati Limapuluh Kota menawarkan bantuan Permodalan untuk penanaman Jagung (Pakan) yang bekerja sama dengan Bank Rakyat Indonesia (BRI).

RKN dalam narasinya kepada awak mengatakan bahwa :” Ini Program Bagus untuk para petani Kita, pertama Bantuan Modal dari Bank BRI, yang kedua Support penuh dari Pemkab Limapuluh Kota untuk Pendampingan, selanjutnya ada Proteksi Asuransi jika terjadi gagal panen” paparnya.

Selanjutnya RKN mengatakan bahwa dari Persatuan Peternak Ayam Petelur di Kabupaten Limapuluh Kota ada Peluang besar yang bisa dimanfaatkan, : ‘ Dari Mereka (Peternak ayam) memberikan info bahwa kebutuhan akan Pakan khususnya Jagung, mereka harus mendatangkan dari Luar daerah ke Limapuluh Kota, Nilainya pasar akan kebutuhan pakan jagung pertahunnya luar biasa besar, bisa Ratusan milyar, bahkan sampai Triliunan rupiah pertahunnya” tukuknya.

” Untuk itu kami berharap kita ambil peluang tersebut, jika kita manfaatkan peluang tersebut, apalagi sekarang ada bantuan permodalan dari Bank BRI. Keuntungan selanjutnya adalah Kita tidak perlu mencari Pasar lagi, Karena pasarnya ada disini (Kabupaten Limapuluh Kota) ” pungkas RKN, yang Juga Ketua DPW (Dewan Pimpinan Wilayah) Garda Muda Partai Nasdem Sumatera Barat.

Selanjutnya Kader Muda Partai Nasdem lainnya Eko Wahyudi, yang ikut Mendampingi RKN menambahkan bahwa : ” Kami dengan Wabup (RKN) menargetkan tahun 2024 nanti sudah 5000 Ha yang bisa mendapatkan Bantuan Permodalan dari Bank BRI, Insyaallah ” imbuhnya

Pada Keterangan Terpisah Ketua DPD (Dewan Pimpinan Daerah) Kabupaten Limapuluh Kota, H.Ilson Cong Dt.Mongguang yang berkesempatan Hadir mengatakan bahwa :” Dengan Program budidaya jagung yang ditawarkan oleh Wabup ini, kami sangat mengapresiasinya terutama dengan bantuan modal yang pastinya sangat berharga bagi petani, sehingga Kedepan lahan lahan yang kurang produktif atau petani yang kekurangan modal bisa difasilitasi Program bantuan modal yang bekerja sama dengan Bank BRI ini, Kami juga akan ikut dengan Pak Wabup Untuk mendorong Para Petani kita Untuk memanfaatkan Peluang Ini” ujarnya.

Bantuan Permodalan Yang bekerja sama dengan Bank BRI ini juga Di backup oleh Distributor PT.Pupuk Indonesia yang berkantor di Nagari Taram Kecamatan Harau, dengan Owner-nya Hardedi anggota DPRD Limapuluh Kota Periode 2009-2019.

Distributor nantinya akan menjadi Fasilitator Bantuan Modal Ke Bank BRI, serta akan menyediakan Bibit, Pupuk, Pestisida dan Obat obatan dan Vitamin Tanaman Jagung di gerainya, yang sekarang beralamat di Nagari Taram.

Kabupaten Limapuluh Kota memang Merupakan Produsen Telor ayam Ras terbesar di Provinsi Sumatera Barat, Jadi Program Penanaman Jagung Pakan akan menjadi Peluang bisnis yang menjanjikan bagi para petani.

Diharapkan Program Penanaman 5000 Ha Jagung di Limapuluh Kota tentu akan menjadi Program menguntungkan bagi Para Petani dan Peternak Ayam ras atau bisa juga disebut mereka akan bersimbiosis mutualisme, sesuatu yang saling menguntungkan dan saling membutuhkan menuju kejayaan.

Penulis : Soe-crie

Exit mobile version