Profil  

Roby Kurniawan Bupati Termuda Kedua di Indonesia…

cMczone.com – Roby Kurniawan namanya dan baru berusia 29 tahun. Namun, siapa yang mengira jika pria ramah ini adalah seorang kepala daerah di salah satu kabupaten di Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

Ya, Senin, 3 Oktober 2022, di Gedung Daerah, Kota Tanjungpinang, Roby resmi dilantik sebagai Bupati Bintan oleh Gubernur Provinsi Kepri Ansar Ahmad.

Roby menggantikan Apri Sujadi, yang sedang menjalani hukuman kasus korupsi terkait pengaturan barang kena cukai dalam pengelolaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas wilayah Kabupaten Bintan.

Berikut ini deretan fakta yang dikumpulkan cMczone.com terkait Roby:

1. Bupati termuda kedua di Indonesia

Pria kelahiran Tanjungpinang, 3 Juni 1993 itu merupakan Bupati termuda kedua setelah Bupati Indragiri Hulu Rezita Meylani (28) di Indonesia saat ini. Roby adalah anak kedua dari pasangan Ansar Ahmad (Gubernur Provinsi Kepri) dan Dewi Kumalasari (Ketua TP-PKK Kepri).

Baca Juga :   H.Nurkhalis Dt.Bijo Dirajo Bersama TKN Lepas Start Indonesia Maju Run 2024

2. Pendidikan

Roby lahir di Kota Tanjungpinang, Provinsi Kepri, dan pernah bersekolah di:

– SD 004 Bukit Bestari (1999-2005)
– SMP Negeri 04 Bukit Bestari (2005-2008)
-SMA International Islamic (2008-2010)
-S-1 Universitas Trisakti (2013-2017)
Overseas Program Kaplan Aspect New Zealand (2009)

3. Diusung 4 partai politik

Roby waktu itu maju sebagai Calon Wakil Bupati Bintan mendampingi Calon Bupati Bintan Apri Sujadi. Mereka diusung oleh empat partai, yaitu Hanura, Demokrat, PKS, dan Golkar.

Pada 26 Februari 2021, mereka ditetapkan sebagai kepala daerah terpilih pada Pilkada serentak 9 Desember 2020 lalu.

“Kepala Daerah jangan hanya banyak di belakang meja, tapi turun langsung ke lapangan. Terus aktif berkoordinasi ke Pemerintah Pusat, agar mendapatkan dukungan, baik moril maupun materil dari pusat. Bekerjalah dengan bermitra, saling mendukung dan memberikan ruang. Serta bekerjalah dengan penuh amanah,” ucap Gubernur Provinsi Kepri Ansar Ahmad, saat pelantikan.

Baca Juga :   H.Nurkhalis Dt.Bijo Dirajo Bersama TKN Lepas Start Indonesia Maju Run 2024

Ansar menyebutkan, bahwa penetapan bupati dan wakil buat terpilih berdasarkan Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor:100/313/B-PEMTAS-SET/2021.

4. Pesan gubernur

Menurut Ansar, pelantikan Bupati dan Wakil Bupati ini memiliki arti dan makna yang sangat strategis. Terutama dalam rangka kelanjutan kepemimpinan, kelangsungan proses pembangunan, serta penyelenggaraan pemerintahan dan pembinaan kemasyarakatan ke depan.

“Karena itu, kepada Bupati dan Wakil Bupati yang baru dilantik dengan amanah yang diberikan dapat membawa kemajuan dan kesejahteraan yang lebih baik,” pesan Ansar.

5. Lanjutkan visi-misi ‘Bintan Rumah Kita’

Roby mengatakan, akan segera bekerja untuk melanjutkan visi dan misi ‘Bintan Rumah Kita’ yang berfokus pada beberapa hal.

Yang pertama adalah transisi dari pandemi menuju endemi, untuk itu dicanangkan 2023 Bintan sebagai tahun perlindungan yang dianggarkan oleh BPJS ketenagakerjaan untuk pekerja rentan, seperti nelayan dan petani.

Baca Juga :   H.Nurkhalis Dt.Bijo Dirajo Bersama TKN Lepas Start Indonesia Maju Run 2024

“Untuk melakukan recovery ekonomi, kita harus memberikan rasa aman dan rasa nyaman kepada para pekerja kita, kita juga terus menggalakkan ekonomi kerakyatan,” ujar Roby.

Editor: Budi Adriansyah