LiveNews

Dihadiri Asisten I Setdakab Sijunjung, Nagari Tanjung Adakan Bakaua Adat

cMczone.com-Bupati Sijunjung Diwakili Asisten I Afrizal hadiri Bakaua Adat dijorong Kampung Juar Nagari Tanjung, Kecamatan Koto VII.

Kegiatan yang di laksanakan Rabu 3 Mei 2024. dihadiri juga Anggota DPRD kab Sijung Amlasta Boy,Camat Koto VII Veri Satria serta Muspika Wali Nagari dan seluruh Perangkatnya.BPN Nagari Tanjung dan berbagai unsur yakninya Ninik Mamak, Alim Ulama, Cadiak Pandai,Bundo Kanduang pemuda pemudi serta masyarakat setempat.

Asisten I Setdakab, Aprizal dalam arahannya berharap kegiatan ini dapat memperkuat silaturrahmi Kekompakan masyarakat Nagari. Kegiatan berkaul adat adalah salah satu kegiatan budaya yang harus dijaga dan ditingkatkan serta dilestarikan. dan berharp bencan terhindar dari Nagari kita sehingga bisa terwujud Sijunjung Jaya dan Maju
Karena Bakaua adalah sebuah berkenaan dengan pertanian yang terdapat dibeberapa daerah minagkabau.

Tradisi ini semacam ritual tolak balah yang dilakukan sebelum atau bersamaan dengan kegiatan turun kesawah atau proses awal mengerjakan sawah. Bakaua dilakukan dengan memanjatkan do’a bersama pada Allah SWT sambil memanggang kemenyan. Masyarakat percaya bahwa Allah SWT akan melindungi mereka dari segala marabahaya dan bencana(FBS)

Exit mobile version