UPTD BLK Payakumbuh Nakertrans Sumbar Laksanakan Pelatihan Menjahit Pakaian Dewasa di Pasaman Barat

cMczone.com– Pelaksanaan Latihan Kerja Berdasarkan Klaster Kompetensi Kejuruan Garmen Apparel UPTD-BLK Payakumbuh TA 2024 Bidang Pelatihan Menjahit Pakaian Dewasa digelar di Nagari Kasiak Putih Sungai Tanang, Kecamatan Sungai Aur, Kabupaten Pasaman Barat.

Sejumlah 16 peserta sedang mengikuti pelatihan selama 30 hari (240 JP), mulai 13 Mei hingga 21 Juni 2024 mendatang.

Bersumber dari APBD Sumatera Barat TA 2024, kegiatan ini merupakan pemenuhan aspirasi masyarakat yang diserap Via Reses dan pelaksanaannya melalui skema Pokir Anggota DPRD Sumatera Barat dari Fraksi Gerindra, Hj.Yunisra Syahiran.

Hj. Yunisra Syahiran dalam keterangannya menyampaikan, pelatihan menjahit ini bisa terlaksana berkat aspirasi yang kami serap melalui reses tahun sebelumnya.

Baca Juga :   Bangun Sinergitas Sosial, FPII Bersama SPSI dan Elemen Lain Gelar Kegiatan Charity for Cianjur

“Kami mengucapkan Selamat berlatih kepada para peserta yang sudah terpilih melalui proses seleksi, mudah mudahan ilmu yang didapat, bisa dimanfaatkan sebagai sumber pendapatan keluarga,” ungkapnya.

Adapun Tekhnis Pelatihan yang akan ditingkatkan kompetensinya dimulai dari.- Mengenal Alat Jahit Mesin,
– Perawatan Alat Jahit,
– Tekhnik Pengukuran (Badan),
– Membuat Pola,
– Memotong Pola ke Kain,
– Menjahit, dst.

“Secara Tekhnis Kami akan membekali Para Peserta keterampilan Menjahit Menggunakan Mesin dan Tangan (Manual),” Terang Instruktur bersertifikasi BLK, Icha.

Sementara itu Kepala BLK Payakumbuh, H. Satri Edi S.sos mengatakan BLK merupakan wadah yang menampung kegiatan yang berbasis Kompetensi, dengan Melaksanakan Pendidikan dan Pelatihan bagi Calon Tenaga Kerja atau Calon Usahawan Baru.

Baca Juga :   Pulang Dari Denmark Belajar Mengolah Sampah, Devitra Tak Akan Enggan Berbagi Ilmu Dengan Kepala Dinas Penggantinya

“Indikator Kesuksesan Pelatihan ini adalah seberapa banyak BLK bisa mencetak Tenaga Kerja baru yang siap pakai bagi dunia Usaha, disamping itu Tenaga Kerja terampil dengan bekal Kompetensi yang kita Transfer dari Pelatihan bisa juga menggunakannya dengan membuka Usaha yang baru,” pungkasnya.

H. Satri Edi S.Sos menerangkan UPTD-BLK Payakumbuh yang ditunjuk sebagai Penanggung Jawab Tekhnis Kegiatan berada dibawah Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Sumatera Barat.

Pembinaan Angkatan Kerja Produktif dan Berkelanjutan Selaras dengan Misi yang tercantum dalam Program Unggulan (Progul) Pemprov. Sumatera Barat yakni : Menciptakan 100 ribu Enterpreneur baru hingga 2026.

Berkelindan erat dengan Visi Gubernur Sumbar yakni: Terwujudnya Sumatera Barat Madani yang unggul dan berkelanjutan.

Baca Juga :   Terkait Tidak Harmonisnya Bupati Dan Wakil Bupati, Begini Tanggapan Mak Alis Marajo

Tim