oleh

OJK: Bank Wakaf Mikro 2017 Capai Target

-Headline-1.511 views

Jakarta,(cMczone.com) – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyebut pembentukan Lembaga Keuangan Mikro (LKM) Syariah atau Bank Wakaf Mikro di pesantren hingga akhir tahun 2017 telah mencapai target, yakni sebanyak 20 Bank Wakaf Mikro.

“Sudah terbentuk (20 Bank Wakaf Mikro),” kata Ketua OJK, Wimboh Santoso secara singkat, dikutip Minggu (21/1/18).

Namun demikian, Wimboh tak menyebut secara pasti apakah seluruh pembentukan Bank Wakaf Mikro ini didirikan di lingkungan pesantren. Hanya saja, beberapa Bank Wakaf Mikro ini tersebar di berbagai daerah, seperti Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, dan Banten.

Pada November 2017 lalu, OJK mencatat baru mendirikan 10 Bank Wakaf Mikro. Artinya, khusus Desember 2017 Bank Wakaf Mikro bertambah 10. Pembentukan Bank Wakaf Mikro ini bertujuan memberikan kemudahan akses keuangan di kalangan masyarakat menengah ke bawah.

Baca Juga :   PRESIDEN JOKO WIDODO : APBN 2019 FOKUS PADA INVESTASI SDM

Dengan pencapaian ini Bank Wakaf Mikro tahun 2017, Wimboh menyebut akan menambah Bank Wakaf Mikro tahun ini lebih banyak. Namun, ia tak mengatakan jumlah target spesifik tahun 2018.

“Lebih banyak lagi, kerja sama dengan pesantren,” tutur Wimboh.

Sebelumnya, Kepala Departemen Perbankan Syariah (DPBS) Ahmad Soekro menjelaskan, Bank Wakaf Mikro ini memang sengaja dimulai dari kerja sama dengan pesantren. Setelah itu, OJK akan melihat potensi atau pengembangan usaha dari masyarakat di sekitar pesantren.

Hanya saja, tidak seluruh pesantren akan diberikan izin mendirikan Bank Wakaf Mikro. OJK membentuk tim khusus yang bekerja sama dengan Pengurus Besar Nadhatul Ulama (PBNU) untuk menilai kesiapan tiap pesantren mendirikan Bank Wakaf.

Baca Juga :   Bantu Warga Renovasi Rumah dengan Uang Pribadinya, Polisi Ini dapat Penghargaan dari Kapolres

Nantinya, Bank Wakaf Mikro dapat menyalurkan pembiayaan mulai dari Rp1 juta dan marjin bagi hasil sebesar tiga persen setiap tahun. Sementara, modal dana untuk pembiayaan tersebut berasal dari donasi atau sumbangan donatur. (cnn)

Komentar

Berita Lainnya