Personel Kodim 0309/Solok ikut membantu Pengamanan kerusuhan pada saat peninjauan ke lokasi Proyek Geothermal di Nagari Batu Bajanjang oleh rombongan Pemda kab Solok dan PT Hitay

Photo cMczone.com
Photo cMczone.com

Solok, ( www.cMczone.com ) – Pada Rabu 21 maret 2018 pkl 10.30 wib dilaksanakan peninjauan lokasi Proyek pembangunan energi panas bumi (Geothermal) di Nagari Batu Janjang Kec. Lembang Jaya Kab. Solok oleh rombongan Pemda Kab. Solok bersama PT. Hitay Daya Energi. Setibanya di lokasi rombongan disambut oleh para ibu-ibu masyarakat dari Nagari Bukit Sileh Salayo Tanang puluhan orang, yang menyampaikan keinginan mereka agar warga mereka yang ditahan dalam kasus pembakaran mobil Innova milik PT. Hitay Daya Energy beberapa waktu yang lalu dibebaskan.

Kemudian Pemda kab. Solok dan Waka Polres Solok melakukan negosiasi dengan masyarakat. dengan didampingi personel pengamanan gabungan dari TNI, Polri dan Satpol PP.

Pada saat negosiasi berlangsung dari kerumunan masa ada yang melempar batu sehingga mengenai dua orang anggota polres solok an. Bripka Fajri dan Briptu Iwan. Kemudian kedua anggota tersebut dilarikan ke RSUD Arosuka. guna mendapatkan perawatan medis.Sedangkan korban dari pihak masa belum diketahui jumlahnya.

Karena suasana semakin memanas,untuk menghindari hal yang tidak diinginkan Wakapolres mengambil inisiatif untuk mundur dan pada pkl 12.30 pasukan ditarik kembali menuju arosuka.

cMczone.com

Peninjauan ke lokasi pembangunan energi panas bumi (Geothermal) di Nagari Batu Janjang Kec. Lembang Jaya Kab. Solok oleh rombongan Pemda Kab. Solok bersama PT. Hitay Daya Energi, dalam rangka mengambil simpel tanah sebagai bahan pengujian.

Baca Juga :   Agum Gumelar: Perlu Kaji Ulang Perubahan UUD 45

Yang ikut hadir dalam rombongan penijauan ke lokasi adalah Asisten 2 Suherman, Kadis Pemberdayaan masyarakat, Waka Polres Solok, Kasat Pol PP Kab. Solok, Hery (Kepala Securty PT. Hitay), Novianto ( Manager PT.Hitay), Agus (Staf PT. Hitay) serta Satu orang Warga Turky (Konsultan PT. Hitay).

Kelanjutan dari pelaksanaan pembangunan energi panas bumi (Geothermal) di Nagari Batu Janjang Kec. Lembang Jaya Kab. Solok adalah Hasil Rapat koordinasi di Aro suka Pihak PT Hitay akan Menghadap Bupati kembali pd tgl 26-Maret-2018.Pihak PT Hitay rencana akan menghadap bpk Kapolda Sumbar untuk minta bantuan Namun ditahan oleh Kapolres Solok dan akan mencari solusi.

Rencana pembangunan energi panas bumi (Geothermal) di Nagari Batu Janjang Kec. Lembang Jaya Kab. Solok. perlu penanganan yg serius dari pihak Pemda Kab. Solok dan instansi terkait mengingat ini merupakan proyek nasional.

Baca Juga :   Polda Sulteng Tindak Lanjuti Perkara Pencemaran Nama Baik FPII

Perlu dilakukan pendekatan dan sosialisasi ulang kepada warga agar seluruh masyarakat setuju dan mendukung segala program pemerintah untuk kesejahteraan rakyat itu sendiri, Ungkap salah seorang personel Kodim. ( rudesta/wahyu )