oleh

Sosialisasi KARHUTLA dan Pembagian Selebaran Himbauan oleh Babibsa 09/Langgam

-Peristiwa-880 views

Pangkalan Kerinci,(cMczone.com) – Sebagai  antisipasi dan mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan di wilayah Koramil 09/Langgam, Serma Alinan Syahri yang bertugas sebagai Babinsa Kec.Langgam melaksanakan sosialisasi tentang pencegahan kebakaran hutan dan lahan melalui pembagian lembaran himbauan karhutla di Desa Segati bersama dengan Bhabinkamtibmas, Manggala Agni dan Anggota MPA (Masyarakat Peduli Api).  Maksud pembagian lembaran himbauan karhutla ini adalah melakukan upaya pencegahan dini terhadap kebakaran hutan dan lahan. Tujuannya adalah memberi peringatan kepada masyarakat mengenai daerah-daerah yang rawan terjadinya kebakaran. Sasaran kegiatan ini adalah masyarakat disekitar kawasan hutan dan lahan yang rawan terjadi kebakaran di Kecamatan Langgam.

“Larangan membakar hutan dan lahan dengan alasan untuk kepentingan apapun adalah pelanggaran berat dan tidak akan ditolerasi, mari kita jaga udara segar dan bersih yang menjadi milik kita bersama” ucap Serma Alinan Syahri. Selain itu pihaknya juga menambahkan bahwa kegiatan pembagian lembaran himbauan dan sosialisasi karhutla ini merupakan salah satu langkah awal pencegahan secara dini terhadap kebakaran hutan dan lahan yang kebanyakan disebabkan dari faktor kelalaian manusia itu sendiri. Oleh Sebab itu diharapkan kepada seluruh lapisan masyarakat untuk menjaga, memelihara serta melindungi hutan dari bencana seperti hutan gundul, pemanasan global yang akan menimpah kita semua apabila tidak dilakukan pencegahan sedini mungkin.

Loading...

Dengan dibagikannya himbauan tersebut agar masyarakat dapat mematuhi dan tidak melakukan pembakaran hutan dan lahan. Selain dengan Patroli Karhutla juga dilakukan sosialisasi langsung kepada masyarakat tentang dampak dan sanksi hukum bagi setiap orang yang melakukan pembukaan lahan dengan cara membakar. Hal ini merupakan tangung jawab bersama dalam menjaga lingkungan agar terhindar dari bencana. Patroli ini dilakukan setiap hari oleh Babinsa, Bhabinkamtibmas, Manggala Agni dan Anggota MPA yang ada di wilayah Koramil 09/Langgam, sehingga apabila terjadi Karhutla dapat dikoordinasikan untuk diambil langkah-langkah dan tindakan dengan cepat.

Masyarakat Kecamatan Langgam mengatakan “Syukur alhamdulillah dengan dibagikannya himbauan ini membawa dampak nilai positif bagi masyarakat dan mengingatkan agar tidak membakar hutan dan lahan secara sembarangan, sehingga dapat lebih memahami arti hutan yang seharusnya dilindungi dan bukan untuk dimusnahkan”.(Penrem 031/WB)

Komentar

Berita Lainnya