oleh

Sejumlah Anak Sekolah Resmi Disuntik Vaksin MR.

-Headline-871 views

Tanjungpinang, (cMczone.com) – Pemerintah Provinsi Kepulaun Riau melalui Dinas Kesehatan resmi menyuntikkan Vaksin MR kepada sejumlah anak di Sekolah Pelita Nusantara jalan Basuki Rahmat, Rabu (1/8/2018).

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tanjungpinang, Rustam mengatakan, pemberian Vaksin MR tersebut merupakan upaya untuk mencegah penyakit campak dan rubella.

“Imunisasi campak dan rubella ini merupakan upaya kampanye massal, karena penyakit campak dan rubella ini tidak bisa di obati. Namun bisa di cegah melalui imunisasi,” ucap Rustam.

Untuk diketahui Campak dan Rubella adalah penyakit infeksi menular melalui saluran napas yang disebabkan oleh virus. Anak dan orang dewasa yang belum pernah mendapat imunisasi campak dan rubella atau yang belum pernah mengalami penyakit ini beresiko tertular.

Rustam juga mengatakan, terkait adanya larangan oleh MUI kepri terhadap Vaksin MR yang meminta di undur untuk di edarkan sampai tanggal 8 Agustus. Hari ini pihaknya tetap menjalankan penyuntikan karena telah berkoordinasi dengan Gubernur, Walikota dan dinas kesehatan, kata Rustam.

Adapun terkait komponen vaksin MR tersebut telah dikeluarkan ijin edar oleh BPOM.

Rustam juga menyampaikan, untuk epek samping atas pemberian vaksin tersebut tidak ada, kata Rustam.

Sementara Dokter Susi mengatakan khusus untuk Vaksin MR ini di produksi di Negara India. Dan cara pembuatan vaksin ini bukan seperti pembuatan obat, tetapi melalui beberapa tahapan, ditanam, dipupuk, di semai dulu lalu di panen kemudian disaring lagi, katanya.

Ada sebanyak 700 anak yang disuntikkan Vaksin MR dan di temani oleh orang tua anak. Dan untuk pelaksanaan penyuntikan Vaksin MR tersebut menargetkan 95 persen vaksin terlaksana di Provinsi Kepulauan Riau.****(Donny/tim)

Komentar

Berita Lainnya