oleh

Laksanakan Program PKT, Kades Sawah Baru Bangun Turap Bersama Warga.

-Headline-1.112 views

Kampar, (cMczone.com) – Program Padat Karya Tunai Desa (PKTD) merupakan kegiatan pemberdayaan masyarakat Desa, khususnya yang miskin dan marginal yang bersifat produktif, dengan mengutamakan pemanfaatan sumber daya, tenaga kerja, dan teknologi lokal untuk memberikan tambahan upah/pendapatan, meningkatkan daya beli, mengurangi kemiskinan.

Program PKT tersebut merupakan program arahan langsung dari Presiden Republik Indonesia Jokowidodo, yang dilaksanakan untuk seluruh Desa di Indonesia.

Loading...

Keputusan Bersama (SKB) 4 Menteri yakni Menteri PPN/Bappenas, Menteri Keuangan, Menteri Dalam Negeri, dan Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi pada 18 Desember 2017 lalu memandatkan, bahwa Dana Desa digunakan untuk Padat Karya Tunai di Desa.

Merujuk arahan tersebut pada Selasa (13/8/2018), Kepala Desa Sawah Baru Kecamatan Kampa Kabupaten Kampar-Riau telah selesai melaksanakan Program PKT bersama warga dalam membangun turap di Desa Tersebut.

Kepala Desa Sawah Baru Sofian kepada awak media mengatakan,” Kami telah selesaikan melaksanakan pembangunan Turap tepi jalan dan ini sesuai dengan progran PKT,” ungkapnya.

Sambung Sofian, bahwa dari awal proses pengerjaanya kami buat program padat karya tunai,dan untuk penerapanya program PKT, kami tetap mengacu pada aturan yaitu dari data RTM (Rumah Tangga Miskin) hingga yang kami libatkan warga pengangguran dan ekonomi lemah, ” pungkas Sofian.

Lebih lanjut dikatakan Kepala Desa Sawah Baru, pemanfaatan Dana Desa sudah sesuai hasil, di mana sejumlah infrastruktur untuk mendukung pengembangan ekonomi terus dibangun. Pembangunannya pun sudah sesuai dengan hasil musyawarah Desa.

“Apa yang kita bangun sesuai dengan kebutuhan warga. ”tutur Kepala Desa.

Sementara itu salah satu Warga Desa Sawah Baru Wardi kepada media mengaku antusias mengikuti program PKT tersebut.

” kita sangat antusias laksanakan prgram PKT ini, disamping mendapatkan upah disini juga kita rasakan kerja sama dan rasa bergotong royong bersama demi tujuan membangun Desa lebih baik kedepannya”tutup Warga tersebut.

Komentar

Berita Lainnya