Baca Ribuan Buku Tidak Perlu Datang ke Perpus, Cukup Melalui Aplikasi “Kacapuri”

Tanjungpinang,(cMczone.com) – Kini membaca buku tidak perlu serepot dulu. Tidak perlu membawa-bawa buku yang berat dan besar. Cukup unduh aplikasi Kacapuri di Play Store, sudah dapat menjadi anggota Perpustakaan Provinsi Kepri dan membaca ribuan judul buku yang tersedia.

“Kita ada perpustakaan online. Bisa membaca buku digital melalui aplikasi Kacapuri yang dapat diunduh dari Play Store. Ada sekitar dua ribu judul buku yang bisa dibaca melalui Kacapuri. Tidak perlu membawa-bawa buku, cukup bawa Hp saja,” ujar Amir Husin, Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Kepri, Jumat (26/10/18).

Aplikasi Kacapuri tersebut untuk meningkatkan minat baca atau literasi masyarakat Kepri, khususnya bagi pelajar. “Kami terus melakukan sosialisasi utamanya ke sekolah-sekolah. Seperti saat ini ada kunjungan dari siswa sekolah,” tambah Amir.

Baca Juga :   Besuk Almarhumah Istri Stah Ahli Bupati (Destri Imam Mudo), Wabup 50 kota : Inna Lillahi Wainna Ilaihi Rojiun Semoga Almarhumah Diterima Di Sisi Nya

Perpustakaan Provinsi Kepri rata-rata menerima 500 kunjungan setiap bulannya. Pada 2017 lalu ditargetkan sebanyak 78 ribu pengunjung, namun tercapai hingga 80 ribu kunjungan.

“Pada 2018 ini kami targetkan 79 ribu pengunjung,” sebut Romdiyani, S.Sos, Kasi Pelayanan dan Kerjasama Perpustakaan.

Untuk saat ini sebagian besar pengunjung berasal dari sekolah-sekolah dan perguruan tinggi. “Rata-rata yang banyak peminatnya itu buku pengetahuan umum dan buku akademik. Biasanya untuk referensi tugas dari sekolah atau kampus,” tambah Romdiyani.

Namun perpustakaan juga menyediakan buku-buku dan ruang khusus untuk pembaca usia dini. “Ada juga buku anak-anak untuk usia PAUD, ada ruangan khusus untuk pelayanan pembaca anak,” jelas Romdiyani.

Baca Juga :   KPK OTT Bupati Kutai Timur

Ruangan untuk pembaca dewasa juga dibuat senyaman mungkin, berbeda dengan ruangan perpustakaan pada umumnya. Tersedia kursi-kursi empuk kekinian yang juga menarik sebagai spot foto. Bahkan tersedia kafe di dalam perpustakaan.

Untuk meningkatkan minat baca, juga ditambah 1300 judul buku setiap tahunnya, sebanyak 13 ribu eksemplar buku. Peminat buku bisa pula meminta diadakan buku yang diinginkan. “Kalau ada yang ingin buku apa, bisa request melalui kotak saran,” tambah Amir.

Bagi yang ingin mengunjungi, Perpustakaan Provinsi Kepri dibukan setiap hari. Senin hingga Sabtu dibuka mulai pukul 08.00 hingga pukul 18.00. Sedangkan Minggu dibuka mulai pukul 09.00 hingga pukul 13.00.

(Tim)