oleh

Aksi “Clean Seas” Menandai Peluncuran BRC Environment Care.

Makassar, (cMczone.com) – Mari merawat (bersihkan) lautan untuk mengamankan masa depan (cure the ocean to secure the future), itulah slogan yang digaungkan Brorivai Center dalam peluncuran BRC Environment Care.

Aksi “Clean Seas” atau program lautan bersih itu dikomandoi oleh Dr. Irsyad Dahri, salah satu anggota Dewan Pakar Brorivai Center yang berlangsung di Anjungan Pantai Losari Makassar, Minggu 31 Maret 2019 pukul 05.00-10.00 Wita . Kegiatan ini sekaligus menandai resmi dinyatakan terbentuknya komunitas BRC Environment Care.

Koordiantor pelaksana gerakan peduli lingkungan Nurhidayatullah B. Cottong yang ditemui media (31/3), menyatakan bahwa aksi ini menjadi program unggulan “Social Response for Environment” Brorivai Center yang melibatkan komunitas terbuka. Aksi nyata laut bersih ini merupakan agenda penting bagi kita untuk menyelamatkan planet bumi beserta isinya.

“Kita tahu bahwa kini laut dan bumi kita dalam ancaman polusi sampah dan kini mengganggu ekosistem, sehingga melalui BRC Environment Care menjadi wahana untuk bersama-sama pemerintah mengatasi isu lingkungan, khususnya sampah plastik yang tersebar dimana-mana,” ujarnya.

Lebih lanjut, Hidayat sapaan akrabnya mengatakan, aksi ini dilakukan dalam menyongsong Hari Bumi 22 Maret 2019, sekaligus mendorong komitmen Brorivai Center untuk membantu pemerintah dalam menanggulangi dan mengurangi 70% sampah plastik di lautan pada 2025.

“Kontribusi peduli lingkungan bersih laut menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam ikut serta melancarkan agenda global dan pemerintah menuju lingkungan yang sehat dan mengamankan masa depan melalui penghentian buangan sampah plastik ke laut,” pungkasnya.

Kegiatan aksi “Clean Seas” diikuti oleh sejumlah komunitas lingkungan dan duta maritim yang membersihkan laut dan bibir pantai dengan menggunakan perahu di sepanjang Anjungan Pantai Losari. Setidaknya warna kegiatan ini menjadi aksi yang lebih ramah, damai, dan penuh kesejukan di tengah-tengah hiruk pikuknya tensi politik menjelang Pilpres mendatang.

Ayo kita kampanyekan peduli lingkungan dan bahaya sampah plastik. “Let’s break free from plastic and save the planet!”. Cegah penggunaan dan buangan kantong plastik, botol plastik air sekali pakai, sedotan dan gelar plastik.

“Yuk! kita bebaskan diri dari bahaya plastik dan selamatkan bumi dari polusi lingkungan yang dapat mengganggu kelangsungan hidup manusia.” Tegasnya.

Dirinya juga berpesan kepada pengurus komunitas BRC Environment Care agar kedepan menyusun berbagai program aksi nyata terhadap lingkungan dan menyuarakan pentingnya menjaga bumi.

Komentar

Berita Lainnya