Kemenag Gelar Sidang Isbat Awal Ramadan 1440 Hijriah

CMCZONE – Kementerian Agama akan melangsungkan sidang isbat awal Ramadan 1440 Hijriah, Minggu sore, 5 April 2019. Sidang yang dilaksanakan di Auditorium HM. Rasjidi, Gedung Kementerian Agama, Jalan MH Thamrin, Jakarta ini direncanakan dimulai pada pukul 17.00 WIB.

“Acara akan dimulai dengan pemaparan posisi hilal awal Ramadan oleh Tim Falakiyah Kementerian Agama,” kata Direktur Jenderal Bimas Islam Kemenag, Muhamadiyah Amin dilansir laman Kemenag.go.id.

Usai pemaparan, selepas Magrib pihaknya akan melaporkan hasil data hisab dan pantauan rukyatul hilal yang telah dilakukan oleh Tim Kemenag di seluruh Indonesia. “Kita melakukan pantauan rukyatul hilal di 102 titik di Indonesia,” tuturnya.

Baca Juga :   BISNIS SANTAN KELAPA DIBALIK PERAYAAN IDUL FITRI,INI OMZET YANG DIPEROLEH YANI

Berdasarkan hasil tersebut, sidang yang terdiri dari unsur Kementerian Agama, DPR, MUI, Ormas-ormas Islam, serta perwakilan negara sahabat, akan memutuskan kapan dimulainya awal Ramadan. Proses sidang ini akan dilaksanakan secara tertutup.

“Keputusan sidang itu akan disampaikan dalam konferensi pers yang dilakukan oleh Menteri Agama, DPR, serta MUI. Kita jadwalkan pukul 19.00 sudah bisa dilakukan konferensi pers,” ujar Amin.

Sebelumnya, Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah, Agus Salim menambahkan Kementerian Agama akan menurunkan sejumlah pemantau hilal Ramadan 1440H di seluruh provinsi di Indonesia. Mereka berasal dari petugas Kanwil Kementerian Agama dan Kemenag Kabupaten/Kota yang bekerjasama dengan Pengadilan Agama, ormas Islam serta instansi terkait setempat.

Baca Juga :   Percepat Pembangunan Kepri, Ansar Ahmad Temui Dirjen di Kementerian PUPR