oleh

Kerjakan Proyek Sendiri, Kades Benteng Hulu Jadi Sorotan Warga

SIAK – Kepala Desa, Afif Nuruddin diduga ikut terlibat mengerjakan proyek penimbunan jalan menggunakan dana desa, di Desa Benteng Hulu Kec. Mempura Kabupaten Siak. Jumat (21/6/2019).

Pasalnya, sejumlah masyarakat menyoroti oknum kades yang terkesan main tunggal (kerja sendiri) tanpa melibatkan pihak terkait dan tidak transparan mengenai anggaran dana pembelanjaan.

Akibatnya, warga memprotes dan menghentikan pengerjaan proyek penimbunan sertu di Jalan Meranti RT 11 RK 04, kerna tidak sesusai dengan RAB dan Gambar.

Dari informasi dihimpun cmczone.com, dari salah satu sumber menyebutkan bahwa proyek penimbunan jalan diduga tidak sesuai spesifikasi dan RAB.

“Ya, ada dugaan penyelewengan anggaran dalam proyek jalan timbun, seperti mengurangi volume lebar 6 meter hanya dibuatkan 4 meter, selain itu banyak indikasikan ada kecurangan, “ungkap sumber kepada awak Cmczone.com, Jumat (21/6/2019).

Sementara itu, Saat dikonfirmasi Ketua Tim Pelaksana Kegiatan (TPK) Yahdi menyebutkan, “tidak pernah diberi tahukan dan tidak mengetahui kapan proyek itu dikerjakan, bahkan RAB dan gambar pun tidak tidak pernah di berikan, dari tahun sebelumnya selama saya menjabat sebagai Ketua Tim TPK, Jelas Yahdi.

Selanjutnya, Yahdi juga membenarkan bahwa proyek desa di kerjakan langsung oleh kepala desa, saat ditanya mengenai pembelanjaan proyek pekerjaan, Ketua Tim TPK tidak pernah mengetahui tentang pembelanjaan proyek telah dikerjakan, tambahnya.

Hal senada juga disampaikan Priono selaku PPK mengatakan bahwa proyek desa di kerjakan langsung oleh kepala desa.

Selain itu, Kepala Dusun (Kadus), Suradi menyebutkan tidak mengetahui perihal kapan proyek itu mulai di kerjakan dikarenakan tidak ada konfirmasi mengenai proyek tersebut kapan di kerjakan, dia menyebutkan lagi lagi kepala desa yang langsung mengerjakan proyek desa tersebut tanpa ada konfirmasi ke dirinya, terang Suradi.

Bukan sampai di situ, awak media kembali melakukan konfirmasi kepada Ketua RT11, Arkadius yang mengatakan hal yang sama bahwa proyek tersebut di kerjakan langsung oleh kepala desa. bahkan Ketua RT menambahkan jika Ketua Bapekam diduga ikut andil dalam pekerjaan proyek tersebut.

Dari investigasi cmczone.com, awak media berupaya meminta keterangan ke pemilik toko tempat pembelanjaan bahan proyek yang mengatakan dan membenarkan jika kepala desa langsung yang memesan bahan proyek tersebut kepada dirinya, ujarnya.

Ketua Bapekam Syaibudin, Spd.I diduga ikut andil mengerjakan proyek tersebut enggan memberikan penjelasan terkait keterlibatannya dengan proyek yang didapat dari sejumlah pihak dan hanya mengatakan nanti akan kami rapatkan kembali.

Terkait hal itu, Hamdan saily selaku Tokoh masyarakat angkat bicara menanggapi permasalah warga yang diduga kades ikut dalam pengerjaam proyek tentu hal ini tidak sesuai dengan ketentuan yang ada.

” Proyek yang seharunya di berikan kepada masyarat dan pihak terkait, namun dari penelurusan serta laporan dari warga bahwa proyek itu di kerjakan sendiri oleh oknum kades, sebut Hamdan saily kepada cmczone.com.

Selain itu, Hamdan saily mengharapkan permasalahan ini dapat di pertanggung jawabkan melalui proses hukum. Tambahnya.

Oleh kerna itu, warga meminta kepada Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Satgas Dana Desa, Inspektorat Daerah Kabupaten Siak, Kepolisian, Kejaksaan Tinggi (Kejari) agar segera melakukan pemeriksaan terkait proyek penimbunan jalan dan memerikasa kembali realisasi kegiatan Dana Desa dari anggaran Dana Desa (DD) maupun alokasi dana Desa (ADD) di Desa Benteng Hulu Kec. Mempura Kabupaten Siak.

Hingga berita ini dipublikasikan belum Afif Nuruddin selaku Kepala Desa belum dapat di konfirmasi dan memberikan klarifikasi terkait Proyek Jalan timbun (*/Barbar).

Komentar

Berita Lainnya