oleh

Tingkatkan Kamtibmas, Polsek Logas Tanah Darat Gelar Rapat Koordinasi

Kuansing, (cMczone.com) – Polsek Logas Tanah Darat, Polres Kuantan Singingi, Polda Riau laksanakan rapat koordinasi untuk meningkatkan Kamtibmas bersama Upika, pemerintah desa, tokoh adat, dan tokoh pemuda kecamatan Logas, Selasa (9/7/19) sekira pukul 10.00 WIB, di aula Polsek Logas Tanah Darat.

Rapat koordinasi dalam rangka meningkatkan Kamtibmas ini dihadiri langsung oleh Kapolsek Logas Tanah Darat, dan diikuti oleh Camat Logas Tanah Darat, Datuk/Ninik Mamak kecamatan Logas Tanah Darat, Kepala Desa se Kecamatan Logas Tanah Darat, dan ketua pemuda se kecamatan Logas Tanah Darat.

Rapat Koordinasi ini digelar guna membahas masalah Kamtibmas yang ada di desa dan mencari solusi terkait bagaimana cara untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Pada rapat koordinasi ini, Kapolres Kuantan Singingi, AKBP. Muhammad Mustofa, SIk, M.Si melalui Kapolsek Logas Tanah Darat, Iptu Rafidin L. Gaol meminta kepada para kepala desa untuk membuat Pos kamling di desanya masing-masing, dan bagi desa yang sudah ada pos kamlingnya diminta untuk dapat mengaktifkannya.

Disamping itu, Iptu Rafidin L Gaol juga meminta agar membuat portal di pintu masuk dan keluar di desa, serta menyarankan agar setiap pembelian sapi harus dilengkapi dengan surat keterangan desa.

Dalam kesempatan ini, Iptu Rafidin juga mengimbau agar turut berperan aktif didalam membasmi peredaran dan penyalahgunaan Narkoba, serta tidak melindungi pelaku narkoba dan perkelahian.

Selanjutnya, Iptu Rafidin mengimbau agar acara hiburan doa kuburan waktunya dapat diatur kembali, kalau dapat dilakukan siang hari untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Terakhir, Iptu Rafidin mengajak para pemuda untuk kembali mengaktifkan kegiatan-kegiatan positif, seperti berolahraga.

Sementara itu, Camat Logas Tanah Darat menyampaikan apresiasi dan ucapan terimakasihnya kepada Kapolsek Logas Tanah Darat yang telah mengadakan acara rapat koordinasi guna membahas masalah Kamtibmas yang ada di kecamatan Logas Tanah Darat.

Camat Logas Tanah Darat sepakat mengambil langkah seperti yang disampaikan oleh Kapolsek Logas Tanah Darat, dan meminta penguatan dari semua pihak agar turut mensosialisasikan kepada setiap masyarakat tentang bahaya judi dan penyalahgunaan Narkoba.

“Untuk Doa Kuburan dilaksanakan seperti tradisi sebelumnya dengan melaksanakan hiburan randai,” ujar Camat.

Hal senada juga disampaikan oleh salah seorang Datuk/Ninik Mamak, Datuok Mangkuto.

Datuok Mangkuto juga menyampaikan ucapan terimakasih dan apresiasinya kepada Kapolsek Logas Tanah Darat yang telah melaksanakan rapat koordinasi pembahasan Kamtibmas.

Dikatakan Datuok Mangkuto, untuk acara Hiburan Doa Kuburan adat tidak melarang, tetapi alangkah lebih baik tidak mengundang orgen, lebih baik mengadakan acara hiburan randai.

Datuok Mangkuto juga meminta kepada para Kades agar membuat Perdes Maghrib mengaji di desanya masing-masing.

Selain itu, apa yang disampaikan oleh Kapolsek Logas Tanah Darat juga disepakati oleh Forum Kepala Desa kecamatan Logas Tanah Darat.

Para Kepala Desa setuju mengaktifkan Poskamling, pembelian ternak wajib ada surat keterangan desa, dan juga menyepakati acara hiburan doa kuburan untuk dilaksanakan pada siang hari, guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Terkait hiburan doa kuburan ini, disepakati diperbolehkan mengadakan hiburan, namun tidak di hari acara doa kuburan, dengan catatan membentuk panitia lain dan acara hiburan dilaksanakan dari pukul 15.00 WIB sampai dengan pukul 23.00 WIB.

Kegiatan rapat koordinasi pembahasan Kamtibmas ini selesai sekira pukul 14.30 WIB, dan selama rapat berlangsung, situasi terdapat dalam keadaan aman, terkendali, dan lancar.

Komentar

Berita Lainnya