oleh

Penobatan Datuk Sinagho Plh. Bupati : Tegakkan Adat, Berjalan lurus dan Bicara Yang Benar

-Headline-484 views

Kampar, (cMczone.com) – Prosesi adat untuk penobatan gelar Datuk sudah dilasanakan, untuk itu mari kita selaku pucuk adat atau Ninikmamak untuk bersama “tegakkan adat, berjalan lurus dan bicara yang benar”, agar anak kemenakan menghormati dan menghargai Ninikmamak, jangan terjadi sebaliknya.

Dengan penobatan ini dan Kalau sudah bergelar Datuk, harus dapat menjaga amanah dan kekompakan serta persatuan anakkemenakan harus terjaga oleh Ninikmamak.

Loading...

Begitu juga anak kemenakan agar dapat menjaga dan mengingatkan Ninikmamak, bersama kita saling menjaga sehingga terwujud persatuan, kekompakan dan akhirnya negeri kita rukun, damai dan dapat maju.

Hal itu ditegaskan Plh.Bupati Kampar Drs.Yusri,M.Si yang juga menjabat Sekretaris Daerah (Sekda) Kampar pada acara Penobatan Datuk Sinagho dan pengukuhan pengurus organisasi Forsimmago (forum Silaturahmi Melayu Mamak Nan Batigo), di Kelurahan Batu Bersurat Kecamatan XIII Koto Kampar, Kamis (11/7).

Hal ini penting untuk menjadi perhatian kita bersama, ujar Bupati melanjutkan, kalau kita ingin membangun Negeri, harus dapat membina anak kemenakan.

Yusri juga mengingatkan, antara Pemerintah,Tokoh Agama dan Tokoh Adat harus bersatu sebagaimana petuah “Tali Bapilin Tigho, Tigho Tungku sajorangan” yang maknanya antara Pemerintah,Tokoh Agama dan Tokoh Adat harus sejalan dan bersatu dalam membangun negeri dan mempersatukan anak kemenakan, Insyaallah negeri akan maju dan pemerintahan stabil.

Sementara Ketua Panitia yang juga selaku ketua terpilih Forsimmago Muhammad Hendra Yunal,M.Si menjelaskan acara penobatan Datuk Sinagho diselenggarakan sehubungan wafatnya Datuk Sinagho (sebelumnya) Datuk A.Rifain,B dan berdasarkan mufakat bersama anak kemenakan maka terpilihlah Muhammad Hendri,SH sebagai Datuk Sinagho.

Selain itu, sekaligus dilaksanakan pengukuhan pengurus Forsimmago periode ke dua , masa bhakti 2019-2024.

Tak lupa ucapan terima kasih disampaikannya kepada Plh. Bupati dan seluruh pihak yang telah membantu baik moril maupun materiil atas terlaksananya acara ini hingga berjalan sukses dan lancar.

Komentar

Berita Lainnya