oleh

Rusak Parah, Jembatan Gantung Desa Rumbio Ancam Keselamatan Pengendara

-Headline-863 views

Kampar, (cMczone.com) – Jembatan merupakan prasarana transportasi yang menghubungkan satu tempat tertentu dengan yang lain dalam suatu sistem jaringan jalan. Sistem tersebut secara utuh harus dapat memberikan pelayanan akan kebutuhan pergerakan orang dan barang antar wilayah secara efisien. Bila efisiensi tersebut dicapai, diharapkan pertumbuhan ekonomi akan membaik, yang pada akhirnya dapat menunjang tercapainya kesejahteraan masyarakat yang dicita-citakan.

Namun apa jadinya jika jembatan yang harus bisa mendongkrak ekonomi masyarakat mala justru sebaliknya mengancam keselamatan masyarakat. Seperti kondisi jembatan gantung Desa Rumbio Kecamatan Kampar menghubungkan Desa Pulau Payung Kecamatan Rumbio Jaya yang saat ini kondisi sudah lapuk dan mengancam keselamatan masyarakat.

Loading...

Dari pantauan awak media pada Jum’at (26/7/2019) terlihat jembantan tersebut cukup mempri­hatinkan kondisinya papan yang sudah hancur dan banyak yang berlobang. Padahal akses tersebut merupakan jalan terdekat untuk dilewati masyarakat.

Meski untuk pe­nye­be­rang jalan kaki jembatan itu masih cukup layak, namun sangat berbahaya bagi pe­nye­berang yang mengu­na­kan sepeda motor atau Mobil.

Salah satu pengendara Ali yang sempat diwawancara oleh awak media pada Jum’at (26/7/2019) mengatakan,” kondisi jembatan ini sudah sangat parah dan ancam keselamatan pengendara tapi ya mau bagaimana lagi, ini satu-satunya jembatan yang jadi penghubung antara Desa Pulau Payung dengan Desa Rumbio,”tutur Ali.

Lebih jauh Ali me­nuturkan, hampir setiap penyeberang jembatan ini gamang ketika hendak me­nyeberang, apalagi papan seolah hendak patah dan banyak berlobang, meski jembatan ini diperbaiki masyarakat dengan bergotong royong tapi ya seperti inilah jadinya karena kekurangan dana, sebab dana hanya sumbangan sukarela saja,”ujarnya.

Hal yang sama juga dikatakan oleh Ari warga setempat mengatakan,” jembatan ini satu-satunya jembatan milik masyarakat Desa, kalau tidak di perbaiki secepat nya jembatan gantung ini kondisi akan bertambah parah, pernah aparat Desa mengatakan kalau jembatan gantung ini gaung Pemerintah Provinsi Riau, untuk itu kami minta pihak pemerintah untuk memberikan perhatian setidaknya papan jembatan diganti agar tidak menimbulkan kecelakaan,”tutupnya.

Komentar

Berita Lainnya